DAFTAR: DPC Partai Gerindra Kabupaten Probolinggo menyerahkan berkas Bacaleg ke KPU setempat. (foto: istimewa)

Hari ke-13, Gerindra hingga PKB Daftarkan Caleg ke KPU Kab. Probolinggo

Probolinggo,- Selain Partai Bulan Bintang (PBB) dan Partai Hanura, tiga partai besar mendaftarkan Bakal Calon Anggota Dewan (BCAD)-nya ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Probolinggo, Sabtu (14/5/2023). Ketiganya adalah Partai Gerindra, PKB, dan PPP.

Dimulai dari Partai Gerindra yang tiba pada pukul 13.00 WIB. Partai dengan nomor urut 2 ini mendaftarkan 50 kadernya sebagai BCAD. Namun pada saat dilakukan verifikasi oleh KPU, terdapat perbaikan yang harus dilakukan oleh Partai Gerindra.

“Jika selesai sebelum pukul 16.00 WIB, maka kami selesaikan hari ini, kalau belum, maka kami kembali lagi besok,” kata Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Gerindra Kabupaten Probolinggo, Muhammad Zubaidi saat konferensi pers.

Zubaidi menambahkan, dalam Pemilu 2024 mendatang, partai yang dipimpinnya itu mematok target dua kursi pada tujuh dapil yang ada. Sehingga dengan begitu, pihaknya bisa memperoleh total 14 kursi DPRD.

“Sehingga kami bisa lebih leluasa pada saat pemilihan Bupati Probolinggo pada November 2024 mendatang,” ujarnya.

Sejam kemudian, giliran PKB yang mendatangi kantor KPU. Sebanyak 50 BCAD didaftarkan untuk kontestasi pemilu 2024. Targetnya 14 kursi akan dikantongi oleh partai dengan urut 1 tersebut.

“Alhamdulillah berkas dari PKB diterima oleh KPU dan dinyatakan lengkap. Itu artinya PKB ke depan bisa lebih fokus untuk kampanye,” papa Ketua DPC PKB Kabupaten Probolinggo, Abdul Malik Haramain.

Malik mengaku optimistis, partai yang dipimpinnya itu akan keluar sebagai pemenang di Kabupaten Probolinggo pada 2024 mendatang jika proses pemilu berlangsung secara jujur tanpa kecurangan.

Sebab, dua periode sebelumnya, ia meyakini kekalahan partainya tidak terlepas dari praktik kecurangan pemilu yang terjadi di Kabupaten Probolinggo.

“Pemilu 1999 PKB partai pemenang dengan 19 kursi, 2004 menang lagi dengan 15 kursi, 2009 PKB tetap menjadi pemenang, baru pada Pemilu 2014 dan 2019 PKB kalah, kalahnya bukan karena tidak punya suara, tapi suara hilang. Maka dari itu, kami yakin pada Pemilu 2024 PKB akan kembali menang jika Pemilu berjalan adil, jujur, dan fair,” ujarnya.

Baca Juga  Calon PPK di Kab. Probolinggo Tersisa 370 Orang

Setelah itu, giliran PBB yang mendatangi kantor KPU, yang terletak di Jl. Panglima Sudirman Kota Kraksaan. PBB tiba sekitar pukul 15.30 WIB. Tetakhir giliran PPP yang mendaftarkan Calon Legislatifnya (Caleg).

Dari empat partai yang mendaftar pada hari ke-13 pendaftaran, KPU menyebut hanya terdapat satu partai yang memerlukan perbaikan. Sementara, tiga partai lainnya berhasil diverifikasi dan dinyatakan lengkap.

“Hanura lengkap, Gerindra perlu perbaikan, PKB lengkap, PBB lengkap, PPP juga lengkap,” kata Komisioner KPU Kabupaten Probolinggo, Aliwafa. (*)

 

 

Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga

Balon Independen Bakal Ramaikan Pilwali Kota Probolinggo, ini Visi Misinya

Probolinggo,- Sosialisasi Pemenuhan Persyaratan Dukungan Pasangan Calon Perseorangan Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Probolinggo di …