WASPADA: Ketua Bawaslu Kabupaten Pasuruan, Arie Yoeniato, memimpin Apel Siaga dan Patroli Pengawasan Pemilu di masa tenang. (foto: Moh. Rois).

Pemilu 2024: Bawaslu Tingkatkan Pengawasan Politik Uang dan Sembako di Masa Tenang

Pasuruan,- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pasuruan mengintensifkan langkah pengawasan menjelang masa tenang Pemilu 2024. Hal ini ditandai dengan gelaran Apel Siaga dan Patroli Pengawasan yang dihadiri oleh seluruh anggota panitia pengawas kecamatan (panwascam) dari 24 kecamatan.

Apel Siaga dan Patroli Pengawasan tersebut berlangsung di sentra bordil Kelurahan Pagar, Kecamatan Bangil, Kabupaten Pasuruan, yang juga dihadiri oleh jajaran Forkopimda Kabupaten Pasuruan, Minggu (11/2/24) pagi.

Ketua Bawaslu Kabupaten Pasuruan, Arie Yoenianto, menyatakan bahwa potensi pelanggaran pada masa tenang pemilu sangat tinggi. Terutama terkait dengan praktik money politic (politik uang) dan pemberian sembako.

“Apel yang kita gelar ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran para petugas pengawas dalam mengidentifikasi pelanggaran yang dilakukan peserta Pemilu,” ungkap Arie.

Dengan penekanan pada pengawasan hingga tingkat TPS, ia berharap Bawaslu dan jajarannya dapat mencegah pelanggaran yang sering terjadi masyarakat.

Arie menambahkan, ia berupaya keras untuk mencegah terulangnya kasus pelanggaran seperti pada Pemilu Tahun 2013. Kala itu, 13 PPK terlibat dalam manipulasi suara untuk kepentingan peserta pemilu tertentu.

“Keberanian untuk bertindak tegas terhadap pelanggaran pemilu adalah kunci integritas demokrasi kita. Kami berkomitmen untuk menjaga proses pemilu yang bersih dan adil demi kepentingan masyarakat dan bangsa,” tegasnya.

Sebelumnya, Bawaslu Kabupaten Pasuruan telah memberikan rekomendasi kepada Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) di Jakarta terkait dua Aparatur Sipil Negara (ASN) di Pemerintahan Kabupaten Pasuruan yang terlibat dalam dukung mendukung kontestan pemilu. (*)

 

 

Editor: Mohamad S

Publisher: Moch. Rochim

Baca Juga  Jaga Lingkungan, Bupati Lumajang: Bacaleg Jangan Paku Banner di Pohon

Baca Juga

Kandaskan Dua Kompetitor, Gus Mujib Kantongi Rekomendasi DPP PKB

Pasuruan,- KH. Abdul Mujib Imron atau Gus Mujib, memenangkan pertarungan dalam perebutan rekomendasi dari DPP …