Setelah Puskemas Maron, Kini RSUD Waluyo Jati Ditutup

KRAKSAAN-PANTURA7.com, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Waluyo Jati Kraksaan, Kabupaten Probolinggo memberlakukan penutupan operasional sementara atau tidak menerima pasien baru.

Penutupan diberlakukan hingga 3 hari kedepan itu lantaran didapati tenaga kesehatan (nakes) di rumah sakit plat merah itu terinfeksi Covid-19. Penutupan sementara berlaku sejak Rabu (19/8 2020) pukul 00.00 WIB hingga Jumat (21/8/2020) pukul 24.00 WIB.

Sejumlah ruangan yang ditutup diantaranya ruang Instalasi Gawat Darurat (IGD) dan ruang pendaftaran bagi pasien baru. Pada Sabtu, (22/8/2020) pukul 00.00 WIB, operasional RSUD Waluyo Jati direncanakan sudah kembali seperti semula.

“Penutupan operasional dilakukan karena ada keluarga besar dari RSUD Waluyo Jati, Kraksaan terkonfirmasi positif Covid-19,” kata Juru Bicara Ketua Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Probolinggo, dr. Anang Budi Yoelijanto.

Penutupan sementara itu diklaim sesuai dengan arahan dari Ketua Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Probolinggo, Puput Tantriana Sari. Selain ditutup, sterilisasi seluruh ruangan juga dilakukan.

“Pelayanan sementara dialihkan kepada rumah sakit terdekat, agar pelayanan kepada masyarakat tetap berjalan. Tracing kepada kontak-kontak erat lain dari nakes yang terinfeksi Covid-19 sedang kita lakukan,” ujar dr. Anang.

Dengan penutupan ini, maka otomatis pasien baru yang akan menjalani perawatan tidak bisa dilayani. Sementara, pasien yang suudah menjalani rawat inap, akan tetap dilayani oleh nakes yang tidak terpapar virus korona.

“Siapapun silahkan, tidak usah takut dan ragu untuk datang ke rumah sakit swasta. Tetap akan dilayani dengan baik,” janji dia.

Sebelum RSUD Waluyo Jati, penutupan sementara atau lockdown juga dilakukan Tim Satgas Covid-19 Kabupaten Probolinggo di Puskesmas Maron, terhitung sejak Senin (17/8/2020). Penutupan dilakukan selama sepekan karena ada nakes yang positif Covid-19. (*)

Baca Juga  Virus Lato-lato Kian Merebak, Pj. Bupati Lumajang Beri Imbauan Khusus


Editor : Efendi Muhammad
Publisher : A. Zainullah FT


Baca Juga

Arus Mudik Lebaran, Sopir dan Kru Bus Diperiksa Kesehatan

Probolinggo,- Untuk memastikan kesehatan sopir dan kru bus, Dinas Kesehatan dan P2KB Kota Probolinggo, bersama …