MAYANGAN-PANTURA7.com, Meningkatnya kasus positif Covid-19 di Kota Probolinggo membuat Himpunan Nelayan dan Pengusaha Perikanan (HNPP) Samudra Bestari melakukan rapid test bagi anak buah kapal (ABK). HNPP juga mensosialisasikan pemakaian masker kepada para ABK.

Puluhan ABK dari kalangan nelayan Tanjungbalai menjalani rapid test massal secara gratis di kawasan Pelabuhan Perikanan Pantai (PPP) Mayangan, Kota Probolinggo, Kamis (13/8/2020).

Acara yang digelar di halaman kantor HNPP pelabuhan perikanan Probolinggo itu dihadiri oleh Kepala Syahbandar PPP Mayangan, Arif Wahyudi.

Petugas dari Klinik Pratama Sebelas Medika Probolinggo dengan menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) lengkap memeriksa satu per satu para ABK. Mereka diambil sampel darahnya untuk diperiksa imunitasnya.

Meskipun ada kekhawatiran di raut wajah para ABK ini saat di ambil sampel darahnya namun kegiatan rapid test ini lancar dan diikuti seluruh ABK.

Pelaksana Harian,Wiwit Hariyadi mewakili Ketua HNPP Samudra Bestari Probolinggo mengatakan, kegiatan ini sebagai langkah nyata untuk memutus mata rantai penyebaran Covir-19. Ia mengingatkan, para ABK untuk selalu menerapkan protokol kesehatan saat bekerja.

Dalam rapid test massal itu HNPP menyediakan alat rapid test bagi 70 ABK. Sementara petugas rapid test berasal dari Klinik Pratama Sebelas Medika Probolinggo.

Wiwit menambahkan, sebagai pelabuhan yang menghubungkan banyak daerah melalui laut, penyebaran Covid-19 berpotensi terjadi di PPP Mayangan. “Karena itu protokol kesehatan harus diterapkan secara ketat di PPP Mayangan,” imbuhnya.

Sementara itu Kepala Syahbandar PPP Mayangan, Arif Wahyudi mengatakan, bantuan rapid test gratis sudah selayaknya diterima ABK nelayan.

“Alhamdulillah setelah sekian lama akhirnya saya bisa memeriksakan diri ikut rapid test gratis dari HNPP Samudera Bestari Probolinggo. Ini kali pertama saya rapid test rasanya senang sekali karena akhirnya bisa tahu kondisi kesehatan kami,” ujar salah satu ABK. (*)

Baca Juga  Tak Bermasker, Warga Kena Sanksi Non-Fisik


Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher: Rizal Wahyudi