Berburu Kerang, Liburan Asyik saat Pandemi

PAITON-PANTURA7.com, Berbagai cara dilakukan untuk mengisi liburan akhir pekan di tengah pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Salah satunya dengan mencari kerang di perairan wisata pantai Randutatah (Duta), Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo.

Sejatinya, jika sekedar ingin menyantap kerang tak perlu berburu melainkan cukup membeli di pasar atau kepada nelayan. Namun, tentu akan berbeda sensasinya jika kerang yang dikonsumsi hasil tangkapan sendiri.

Seperti yang diceritakan Rudi Hariono (45), warga Desa Kedung Rejoso, Kecamatan Kotaanyar. Menurutnya berlibur mencari kerang sengaja dipilih untuk mengisi liburan bersama keluarga karena faktor hobby. Apalagi destinasi wisata belum banyak yang buka.

“Mau wisata ke luar daerah kan masih pandemi, apalagi jarak pantai dengan tempat tinggal tidak terlalu jauh. Selesai salat ashar saya berangkat bersama keluarga, hitung-hitung menghilangkan rasa bosan di rumah,” kata Sudi, Minggu (9/8/2020).

Berburu kerang, lanjut Sudi, merupakan wisata alternatif nyang pas dilakukan untuk mengisi libur akhir pekan. Tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam, sebaliknya menambah penghasilan.

“Kan hasil kerangnya nanti bisa buat makan bareng keluarga, daripada beli harganya mahal. Kalau kerangnya tidak dimasak sendiri, bisa juga dijual ke pedagang atau tetangga. Bisa menambah penghasilan selagi pandemi Covid-19,” ujar Sudi.

Untuk berburu kerang, sambung pria 2 anak ini, ia tak perlu menbawa banyak alat tangkap. Cukup bermodal kantong plastik yang nantinya menjadi wadah hasil tangkapan, sementara dalam proses penangkapan kerang, ia menggunakan tangan kosong.

“Simpel, tinggal bawa kantong plastik saja dari rumah. Nyarinya juga tidak susah, tinggal raba-raba bibir pantai sudah dapat kerangnya. Pasca salat ashar sampai menjelang maghrib, empat kantong plastik sudah terisi kerang,” tutup dia. (*)

Baca Juga  Ngotot Gelar Orkes Saat Pandemi, Akhirnya Dibubarkan Petugas


Editor : Efendi Muhammad
Publisher : A. Zainullah FT


Baca Juga

Jembatan Kaca Bromo Diserahkan ke Pemkab Probolinggo dan TNBTS, Tinggal Diresmikan

Probolinggo,- Jembatan kaca yang berada di Seruni Point, Dusun Cemorolawang, Desa Ngadisari, Kecamatan Sukapura, Kabupaten …