Suhu di Bromo Minus 3 Derajat Celcius, Turun ‘Embun Upas’

SUKAPURA-PANTURA7.com, Puncak musim kemarau membuat cuaca di pegunungan semakin ekstrem. Bahkan di Gunung Bromo di malam hari suhu udara super dingin dan semakin dingin hingga -3 derajat Celcius saat dini hari.

Suhu di bawah 0 derajat mengakibat embun di kawasan Laut Pasir (Kaldera) Bromo membeku terhampar di pasir. Embun yang oleh warga Tengger disebut “embun upas” itu terlihat mirip butiran-butiran kristal putih menyelimuti dedaunan.

Tahun 2019 lalu sebelum adanya pandemi Covid-19, keindahan embun upas ini banyak diburu oleh para wisatawan karena momen ini jarang ditemukan. Mirip hamparan salju di negara-negara Eropa. Sehingga banyak wisatawan yang ingin mengabadikan momen tersebut.

Sayangnya embun upas saat ini tidak bisa dinikmati oleh wisatawan pada puncak musim kemarau tahun 2020 ini. Lantaran pandemi Covid-19 belum juga reda sehingga Gunung Bromo masih ditutup untuk wisatawan.

Supoyo, sesepuh Tengger di Kabupaten Probolinggo mengatakan, memang embun upas sesuatu hal yang sudah biasa bagi warga Tengger ketika musim kemarau. Biasanya embun upas turun mulai Juli hingga September.

“Jadi kalau dini hari di lautan pasir itu seperti hamparan salju, dan menghilangnya ketika matahari sudah terbit sekira jam 8-9 pagi,” kata Supoyo saat dihubungi via telepon, Rabu (29/7/2020).

Bagi warga Tengger suhu hingga minus 3 derajat ini sudah menjadi suatu hal yang biasa dan tidak mengganggu mereka untuk beraktifitas. “Orang sini sudah dari bayi merasakan cuaca begini, jadi sudah biasa,” imbuh anggota DPRD Kabupaten Probolinggo itu.

“Tetapi untuk tahun ini embun upas hanya dinikmati warga Tengger saja karena Bromo masih ditutup untuk wisatawan,” kata Supoyo.

Disinggung kapan Bromo dibuka kembali untuk wisatawan, Supoyo meminta, agar semua pihak bersabar. “Untuk informasi dibukanya kapan, masih belum pasti karena menunggu SOP dari TNBTS dan keputusan dari empat daerah,” katanya.

Baca Juga  Eloknya Bromo, Kembali Berselimut Salju

Seperti diketahui, kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) bisa dijangkau melalui empat pintu gerbang yakni, Probolinggo, Pasuruan, Malang dan Lumajang.

“Sehingga pembukaan kembali Bromo untuk wisatawan dikoordinasikan dengan empat kabupaten tersebut. Rekomendasi empat bupati kemudian diajukan ke Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan untuk mendapatkan persetujuan,” kata Supoyo. (*)


Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher: Rizal Wahyudi


Baca Juga

Jembatan Kaca Bromo Diserahkan ke Pemkab Probolinggo dan TNBTS, Tinggal Diresmikan

Probolinggo,- Jembatan kaca yang berada di Seruni Point, Dusun Cemorolawang, Desa Ngadisari, Kecamatan Sukapura, Kabupaten …