Pasca Erupsi, TNBTS Izinkan Upacara di Kaldera Bromo

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Gunung Bromo di Desa Ngadisari,.Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo rutin ditempati upacara Hari Kemerdekaan setiap 17 Agustus. Pasca erupsi, Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB TNBTS) tetap perbolehkan kaldera digunakan untuk upacara, 17 Agustus mendatang.

Diketahui Gunung Bromo sempat erupsi pada Jumat (18/7) lalu. Hanya saja, hingga kini BB TNBTS mengaku, belum menerima permintaan penyelanggaraan upacara tersebut.

Hal itu disampaikan Kepala Seksi Wilayah 1 BB TNBTS, Sarmin. Dikatakan Sarmin, hingga hari ini Sabtu (27/7), ia belum merima permintaan izin upacara baik dari komunitas atau Muspika Sukapura.

“Sampai hari ini kami BB TNBTS belum merima permintaan. Namun demikian jika memang ada kami mempersilakan karena memang biasanya rutin digunakan,” ucap Sarmin melalui sambungan selular.

Biasanya, upacara agustusan digelar di Lautan Pasir (Kaldera) Gunung Bromo atau di sekitar Pasir Berbisik.

“Untuk upacara Gunung Bromo tergolong aman. Asalkan para peserta tidak sampai mendekat satu kilometer dari kawah Bromo. Namun ada hal-hal lain yang perlu diperhatikan,” ujarnya.

Lanjut Sarmin, di antaranya aspek kesehatan seperti kaca mata, masker atau jaket jika kondisi dingin yang ekstrem. Termasuk sisi kebersihan, agar tidak buang sampah sembarangan.

Ia berharap agar kondisi Gunung Bromo ke depan baik-baik saja, dalam artian status yang aman dan kondusif. Sampai saat ini status gunung berketinggian 2.329 mdpl berstatus Waspada atau Level II. (*)

 

Penulis : Rahmad Soleh
Editor : Ikhsan Mahmudi

Baca Juga  Masih Hangus dan Gersang, Wisata Bromo Kembali Dibuka

Baca Juga

Lonjakan Pengunjung Wisata di Pasuruan Menurun, Diprediksi Naik Lagi saat Hari Raya Ketupat

Pasuruan,- Selama libur lebaran, sejumlah destinasi wisata di Kabupaten Pasuruan, disesaki wisatawan. Seperti Taman Ria …