Catat! 8 Kecamatan di Probolinggo ini Rawan Kekeringan

BESUK-PANTURA7.com, Memasuki musim kemarau, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Probolinggo, mulai memetakan kawasan rawan bencana kekeringan. Hasilnya, sedikitnya 8 kecamatan dinilai rawan mengalami kekeringan.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Probolinggo Sugeng Suprisayoga menjelaskan, selain pantauan terbaru, data kawasan rawan bencana juga mengacu pada tahun sebelumnya. Dimana ada 8 kecamatan yang sempat mengalami kekeringan akut.

“Delapan kecamatan itu meliputi Kecamatan Tegalsiwalan, Tongas, Bantaran, Wonomerto, Banyuanyar, Kuripan, Lumbang, dan Besuk,” kata Sugeng via jaringan seluler, Minggu (19/7/2020).

Meski demikian, lanjut Sugeng, hingga saat ini tak satupun dari 8 kecamatan tersebut yang mengajukan bantuan air bersih. Sugeng meyakini karena persediaan air bersih di daerah tersebut dan kecamatan lain pada umumnya, masih aman.

“Sekarang kemaraunya kan masih kemarau basah, jadinya persediaan air masih cukup aman. Terbukti sejauh ini belum ada pengajuan droping air bersih,” ungkap dia.

Namun tidak adanya pengajuan droping air, tak membuat BPBD terbuai. Menurut Sugeng, pihaknya sudah mulai melakukan persiapan, apalagi petugas BPBD diluar Kabupaten Probolinggo sudah mulai aktif mendistribusikan air.

“Atasan juga sudah memerintahkan kami untuk bersiap, karena teman-teman dari BPBD Bondowoso dan Pasuruan sudah mulai aktif melakukan droping air bersih, sehingga kami juga mulai antisipasi ini,” ujarnya.

Sementara mekanisme untuk pengajuan bantuan air, sambung Sugeng, masih sama dengan tahun sebelumnya. Dimana permintaan bantuan air diajukan oleh pemerintah desa kepada BPBD secara langsung.

“Takutnya yang mengajukan distribusi air bersih dari daerah yang kekeringan itu mendadak. Sehingga harus ada pengajuan ke kami dulu, baik itu menggunakan surat ataupun via telpon, agar kami bisa membuat jadwal pengiriman,” papar Sugeng. (*)


Editor : Efendi Muhammad
Publisher : A. Zainullah FT

Baca Juga  RSUD Waluyo Jati Habiskan 110 Peti Jenazah untuk Pasien Covid-19

Baca Juga

H+5 Arus Balik, 55 Ribu Penumpang Berangkat dari Stasiun di Daop 9 Jember

Probolinggo,- Hingga H+5 atau lima hari arus balik, KAI Daop 9 Jember telah memberangkatkan total …