Pengalihan Lalin, Jalan Basuki Rachmad Rusak

MAYANGAN-PANTURA7.com, Pengalihan arus lalu lintas (lalin) karena proyek gorong-gorong di Jalan Lingkar Utara (JLU) Mayangan, Kota Probolinggo berdampak rusaknya ruas Jalan Basuki Rachmad. Warga mendesak, kerusakan jalan mulai di depan Pasar Mangunharjo hingga Rumah Potong Hewan (RPH) segera diperbaiki.

Awalnya kerusakan aspal di Jalan Basuki Rachmad tidak seberapa parah saat proyek gorong-gorong itu dimulai, awal Mei lalu. Tetapi karena setiap hari dilewati kendaraan-kendaraan berat seperti truk-truk besar, ruas jalan tersebut semakin parah.

Tampak aspal mengelupas di sana-sini. Selain itu sejumlah lubang jalan berukuran besar juga terlihat di Jalan Basuki Rachmad.

Kondisi ini membuat para pengguna jalan harus ekstra hati-hati. Sejumlah pengguna jalan berjatuhan, bahkan ada yang tewas akibat terjatuh dari motor dan terlindas truk.

Salah seorang warga Sutrisno mengeluhkan rusaknya Jalan Basuki Rachmad yang semakin parah. Hal ini diakibatkan meningkatnya beban kendaraan yang melintas di kawasan itu sejak proyek gorong- gorong.

“Kerusakan Jalan Basuki Rachmad sudah lama. Tapi semakin parah dengan banyaknya kendaraan yang melintas di sini,” keluhnya, Rabu (8/7/2020).

Menurutnya kerusakan jalan di kawasan tersebut sudah menjadi keluhan masyarakat sejak lama. Namun belum ada langkah serius untuk perbaikan, bahkan kondisi jalan semakin rusak hingga membuat kubangan besar.

Warga mendesak Pemkot Probolinggo segera memperbaiki jalan itu. Masyarakat khawatir jika tak segera diperbaiki kerusakan jalan meluas dan menimbulkan banyak kecelakaan lalu lintas.

Dihubungi terpisah, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), Agus Hartadi mengatakan, tengah memetakan dan memantau kondisi jalan terdampak adanya pembangunan gorong-gorong di JLU Mayangan.

Dikatakan penanganan perbaikan akan dilakukan sesuai dengan kewenangan masing-masing. Seperti jalan dengan status milik daerah maka akan diperbaiki Pemkot Probolinggo.

Baca Juga  Tinggalkan Tungku Berapi, 2 Rumah di Wiroborang Terbakar

“Selain itu juga terdapat jalan dengan status milik provinsi, Pemkot Probolinggo akan berkoordinasi bersama pemangku wilayah tersebut,” imbuh Agus .(*)


Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher: Rizal Wahyudi


Baca Juga

Tabrak ‘Bokong’ Truk, Pemuda Krejengan Meregang Nyawa

Probolinggo – Kecelakaan maut kembali terjadi di Jalur Pantura, Kelurahan Patokan, Kecamatan Kraksaan, Kabupaten Probolinggo. …