Banyak Warga Berkerumun di Fasum Tak Bermasker

MAYANGAN-PANTURA7.com, Menjelang adaptasi kebiasaan baru (AKB) atau new normal, masih dijumpai banyak kerumunan warga yang tidak memakai masker di sejumlah fasilitas umum (fasum) di Kota Probolinggo.

Fenomena abai terhadap protokol kesehatan itu dipergoki Walikota Hadi Zainal Abidin saat bersepeda bersama para wartawan, Sabtu sore (4/7/2020).

Gowes bareng itu start dari rumah dinas walikota di Jalan Panglima Sudirman, Jalan Suroyo, keliling alun-alun, Jalan Ahmad Yani, Jalan Pandjaitan, kawasan Stadion Bayuangga, Jalan Supriadi, Jalan AA Maramis. Dilanjutkan menyusuri Jalan Slamet Riyadi, Geladak Serang, Jalan HOS Tjokroaminoto, Jalan Pahlawan.

Di kawasan alun-alun tidak banyak kerumunan warga. Hanya ada sejumlah warga yang cangkrukan di sejumlah pedagang makanan dan minuman di alun-alun.

Di pertokoan Stadion Bayuangga dijumlah sejumlah warga yang sedang cangkrukan di warung dan berbelanja di sebuah kios penjual pakaian. “Maaf, Pak Wali, para pelanggan lagi makan dan minum jadi tidak mengenakan masker,” ujar M. Nurwahyudi, pemilik Warung Lakar Sae.

Habib Hadi kemudian menyerahkan sejumlah masker kepada warga yang tidak mengenakan masker. Termasuk saat melintasi perkampungan dan perumahan di Sukabumi, sejumlah pengguna jalan diketahui tidak mengenakan masker.

Kerumuman warga yang paling banyak tidak mengenakan masker terlihat di Taman Maramis. Mulai anak-anak, remaja, hingga orang tua bergerombol di pinggir taman, berkumpul di gazebo, hingga duduk-duduk di rerumputan.

“Waduh, kok banyak yang tidak mengenakan masker. Ke sini, ke sini, ayo pakai masker,” kata Habib Hadi. Arus lalu lintas di Jalan AA Maramis sedikit macet karena sebagian warga berebut masker gratis yang dibawa rombongan walikota.

Saat beristirahat sejenak di Gladak Serang, walikota mengaku, prihatin masih banyak warga yang tidak mematuhi protokol kesehatan.

Baca Juga  Tembakau Tak Terbeli, APTI Desak Pemkab-DPRD Turun Tangan

“Kesadaran sebagian warga untuk memakai masker saat keluar rumah masih rendah. Tetapi kami tidak akan putus asa untuk terus mengingatkan mereka,” katanya. (*)


Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher: Rizal Wahyudi


Baca Juga

Bulan Ramadan, Jam Kerja ASN Pemkab Probolinggo Dipangkas

Probolinggo,- Selama Ramadan, Pemerintah Kabupaten Probolinggo memangkas jam kerja bagi para Aparatur Sipil Negara (ASN)-nya. …