Tolak Galian C, Warga Sindetlami Blokade Jalan

BESUK-PANTURA7.com, Proyek Galian C di Dusun Nangger, Desa Sindetlami, Kecamatan Besuk, Kabupaten Probolinggo mendapat penolakan dari warga setempat. Warga pun melakukan blokade jalan sebagai bentuk protes.

Penutupan jalan dilakukan warga di akses menuju Desa Sindetlami, tepatnya timur Masjid As-Syafi’i yang berjarak sekitar 300 meter dari lokasi Galian C. Warga membentangkan tiang listrik di badan jalan sehingga truk dan kendaraan roda 4 lainnya tidak bisa melintas.

“Warga bersama Ketua RT disini meletakkan tiang listrik di tengah jalan. Tujuannya, biar truk tidak bisa lewat di jalan desa, karena merusak infrastruktur jalan,” kata Sam, salah satu warga setempat, Senin (29/6/2020).

Blokade jalan ini, menurutnya, merupakan langkah yang wajar guna melindungi jalan desa sudah bagus dan tak berlubang. Jika kembali dilintasi truk yang memuat material Galian C, lanjutnya, pasti akan merusak jalan desa.

“Kalau jalan yang dilalui, masuk Desa Sindetlami. Kalau sawah yang menjadi lokasi galian, masuk Desa Sindetanyar,” paparnya.

Ia menegaskan, warga tidak ingin jalan desa rusak sehingga mereka memilih menutup akses menuju lokasi galian. “Kalau jalan rusak, mau tidak pihak penambang mengganti atau memperbaiki kerusakannya. Apalagi galiannya itu tidak berijin,” lugas dia.

Kepala Desa Sindetlami Sudaipi, membenarkan ada aksi penutupan jalan di desanya. Ia juga mengamini jika Galian C yang sudah beroperasi sekitar sepekan tersebut tidak berijin.

“Betul, ada aksi spontanitas dari warga, saya baru tahu setelah dikabari warga. Memang betul tidak ada pemberitahun ke kami terkait aktivitas galian itu,” ungkap Kades dua periode ini. (*)


Editor : Efendi Muhammad
Publisher : A. Zainullah FT


Baca Juga  Warga Diimbau Gunakan Masker Kain

Baca Juga

Truk Bermuatan Pampers di Lumajang Jatuh ke Jurang

Lumajang,- Diduga sopir mengantuk, truk bermuatan pampers terjun ke jurang sedalaman 10 meter di Jalan …