Bandel, PKL Liar Segera Ditertibkan

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Sejumlah Pedagang Kaki Lima (PKL) rupanya masih tetap berjualan di bahu jalan jalur protokol Kota Kraksaan. Padahal, sebelumnya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo sudah melayangkan surat perintah untuk pindah lokasi, namun PKL masih nekad berjualan.

Pantauan PANTURA7.com pada Selasa (26/2/2019), PKL yang didominasi pejual buah tersebut banyak terlihat kedua sisi bahu jalan, dari jalan raya semapir hingga simpang empat Kandang Jati. Mereka menggunakan kendaraan bak terbuka untuk menggelar dagangannya.

MI (47) salah satu PKL asal Kecamatan Paiton mengatakan, ia suduh cukup lama berjualan di tempat tersebut. Selain keuntungan yang didapati lebih menggiurkan, tempat itu juga lebih ramai dan aman dibandingkan kawasan lain.

“Penghasilan berjualan disini lumayan. Terkadang sehari dapat penghasilan bersih seratus ribu, kadang juga lebih dari itu, tergantung rejeki,” kata MI menjelaskan.

Saat ditanya soal larangan berjualan di bahu jalan yang dikeluarkan oleh Pemkab Probolinggp, ia mengaku sudah mengetahuinya. Hanya saja, ia enggan pindah tempat karena kwatir dagangannya tak dilirik pembeli.

“Ya, saya sudah mendengarnya. Tapi mau gimana lagi, saya cuma cari makan. Kalau memang nanti disuruh pindah, ya saya pindah,” janjinya.

Mengenai hal tersebut, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Probolinggo Mahbub Zunaedi menyampaikan, pihaknya telah melayangkan surat larangan kepada PKL. Selain itu, ia sudah menyediakan tempat relokasi bagi PKL liar yang dianggap mengganggu ketertiban umum.

“Para PKL di jalan protokol, bisa jualan di halaman Pasar Kabonagung, dan halaman Glora Merdeka. Untuk PKL di sisi barat jalan protokol Kraksaan, pindah di pasar buah semampir. Kalau masih tetap berjualan, kami akan koordinasi dengan Satpol PP untuk ditertibkan,” tutur Mahbub. (*)

Baca Juga  2 Bulan, Kriminalitas di Wilayah Polresta Probolinggo Turun 30%

 

 

 

Penulis : Moh Ahsan Faradies

Editor : Efendi Muhammad

Baca Juga

Tolak Perda Tempat Hiburan, Warga Geruduk Kantor DPRD Pasuruan

Pasuruan,- Sejumlah warga mendatangi kantor DPRD Kabupaten Pasuruan, Kamis (25/4/2024) siang. Kedatangan massa dari sejumlah …