100 Surat Suara Ditemukan Rusak

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Probolinggo menyiapkan 3.228 kotak suara dan 171.191 surat suara untuk Pemilihan Umum (Pemilu) pada 17 April 2019. Ribuan kotak dan surat suara, masing-masing untuk  pemilihan presiden, DPD, DPR RI, DPRD Provinsi Jawa Timur dan DPRD Kota Probolinggo.

Komisioner Divisi Data KPU Kota Probolinggo Djoko Wahyudi menuturkan, kotak dan surat suara tersebut saat ini dalam proses pelipatan. Demi keamanan, surat dan kotak suara disimpan dalam gudang penyimpanan di Kelurahan Pilang, Kecamatan Kademangan.

“Surat suara sudah masuk hanya saja yang belum kami terima surat suara untuk DPRD Kota Probolinggo,” kata Djoko saat dikonfirmasi, Selasa (26/2/2019).

Djoko menambahkan, secara teknis tidak ada kendala berarti yang ditemui soal kotak dan surat suara yang telah ia terima. Hanya, dari pemeriksaaan dan sortir sejauh ini, ditemukan sedikitnya 100 surat suara yang rusak dan tak layak coblos.

“Ada yang robek, ada yang warnanya luntur, ada juga yang terkena bintik-bintik tinta. Kami akan buat berita acara untuk laporan, selanjutnya menunggu putusan apakah dimusnahkan atau bagaimana,” tandas dia.

Sementara, untuk memastikan Pemilu 2019 di Kota Probolinggo lancar dan sesuai tahapan, Walikota Habib Hadi Zainal Abidin bersama Djoko Wahyudi dan anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Samsun Ninilau, meninjau kotak dan surat suara di gudang.

Walikota melihat ketersediaan alat peraga pemilu dan mengecek kerusakan surat suara. Ia mengingatkan agar penyelenggara pemilu lebih berhati-hati soal distribusi logistik dan kondisi surat suara. Masyarakat, ujarnya, juga harus diberi pemahaman soal kelayakan surat suara.

“Surat suara memang ada yang rusak, namun kotak suara kondisinya bagus, tidak seperti yang diberitakan diluaran. Semua sudah siap, surat suara rusak juga masih dihitung dan dibuatkan berita acaranya,” urai Habib Hadi. (*)

Baca Juga  Edarkan Pil Setan, Pemuda Gading Diringkus Polisi

 

 

 

Penulis : Rahmad Soleh

Editor : Efendi Muhammad

Baca Juga

Bangun Koalisi Gajah, 8 Partai Non Parlemen Merapat ke Gus Haris

Probolinggo,- Gelombang dukungan untuk dr. Muhammad Haris Damanhuri atau Gus Haris menjelang Pemilihan Kepala Daerah …