Stok Melimpah, Harga Bawang Putih Anjlok

KANIGARAN-PANTURA7.com, Diduga karena dibanjiri bawang putih impor, harga komoditas bumbu masak itu di Kota Probolinggo anjlok sejak sekitar sebulan lalu. Harga bawang putih pun anjlok di kisaran Rp11.000-12.000 per kilogram (kg).

Hartatik (45), pedagang bawang putih di Probolinggo menduga, anjloknya harga bawang putih karena stoknya melimpah. “Sempat sedikit naik kemudian turun, sekarang Rp12.000, sebelumnya bahkan sempat Rp11.000 per kilogram,” katanya, Minggu (28/6/2020).

Memang sempat ada yang mengait-kaitkan anjloknya harga bawang putih karena Covid-19. “Menurut saya harga bawang putih turun bukan karena Corona, ya karena stoknya lagi banyak,” katanya.

Hartatik hanya menyarankan, pemerintah bisa mengatur tata niaga bawang putih agar seimbang antara pasokan dan permintaan. Sehingga tidak terlalu murah, juga tidak terlalu mahal.

Salah seorang ibu rumah tangga, Ida (42) mengaku, senang harga bawang putih murah. “Bagi ibu-ibu ya jelas senang harga bawang putih murah. Saya pun membeli 2 kilogram, siapa tahu nanti naik lagi,” katanya.

Sementara itu Kepala DKUPP, Gatot Wahyudi belum bisa dikonfirmasi terkait anjloknya harga bawang putih di di Probolinggo. Ketika dihubungi melalui HP-nya, tidak terdengar nada sambung. (*)


Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher: Rizal Wahyudi


Baca Juga  Trayek Angkot Bakal Berubah, ASAP Khawatir

Baca Juga

Truk Bermuatan Pampers di Lumajang Jatuh ke Jurang

Lumajang,- Diduga sopir mengantuk, truk bermuatan pampers terjun ke jurang sedalaman 10 meter di Jalan …