Pembeli dan Pedagang Tak Bermasker Dilarang Masuk Pasar

MAYANGAN-PANTURA7.com, Tim Satgas Pengamanan Covid 19 memberlakukan aturan ketat kepada seluruh pembeli dan pedagang di pasar. Mereka yang tidak mengenakan masker dilarang memasuki pasar.

Ketua Satgas Pengamanan Covid-19, Achmad Sudiyanto mengatakan, peraturan itu untuk menjaga kesehatan pembeli dan pedagang. “Pembeli dan pedagang wajib menggunakan masker saat berada dalam lingkup pasar. Ini kami lakukan untuk melindungi semuanya,” ujar Sudi saat melakukan sidak ke Pasar Ikan Mayangan, Kota Probolinggo, Kamis (25/6/2020).

Dikatakan imbauan penggunaan masker juga disampaikan melalui spanduk.

“Hari ini kami sidak dan masuk ke pasar ikan. Kami periksa pengunjung yang datang baik itu pedagang maupun pembeli, kalau tidak pakai masker maka dilarang masuk di pasar,” katanya.

Menurutnya, pemeriksaan ini sebagai langkah memperketat upaya pencegahan penularan Covid-19 di area di tempat keramaian. Terutama pasar yang dinilai sebagai tempat rawan penyebaran virus.

“Selain itu kami juga rutin melakukan inspeksi mendadak (sidak) untuk memastikan pedagang dan pembeli tetap menggunakan masker,” kata Sudi yang juga Kepala Kesbangpol Dan Limnas.

Sebelumnya petugas pasar telah membagikan sekitar 400 masker gratis kepada seluruh pedagang. Juga dilakukan sosialisasi seputar Covid-19.

Sementara, Kepala Dinas Pertanian Ketahanan Pangan Dan Perikanan, Sudiman mengatakan, semua pasar di wilayah Kota Probolinggo telah diperintahkan untuk memperketat pengawasan terhadap pengunjung yang datang ke pasar.

“Sudah ada petugas di masing-masing pasar yang melalukan pemantauan dan menegur jika ada pengunjung yang tidak menggunakan masker,” jelasnya.

Salah satu pengunjung pasar, Khotijah (53) mengaku, terpaksa pulang dulu sebelum ditegur oleh petugas.

“Daripada malu lebih baik pulang dulu saja,” ujarnya sambil menunjuk rumahnya yang tidak jauh.

Pengunjung lainnya, Ima (25) mengatakan, dirinya sudah pakai masker.”Kalau tidak, saya tidak akan bisa masuk pasar. Kami sempat kaget melihat kedatangan para petugas tadi saat melakukan pemeriksaan kepada semua para pengunjung,” ucapnya.(*)

Baca Juga  New Normal, Masker Kain Stylish Diburu Milenial


Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher: Rizal Wahyudi


Baca Juga

Bulan Ramadan, Jam Kerja ASN Pemkab Probolinggo Dipangkas

Probolinggo,- Selama Ramadan, Pemerintah Kabupaten Probolinggo memangkas jam kerja bagi para Aparatur Sipil Negara (ASN)-nya. …