Tiga Emak-emak di Kraksaan Tertipu Lelang Fiktif, Rp350 Juta Raib

KRAKSAAN-PANTURA7.com, Petugas gabungan dari Polsek Kraksaan dan Opsnal Timur Polres Probolinggo menciduk seorang ibu rumah tangga (IRT) asal Desa Sumberlele, Kecamatan Kraksaan Kabupaten Probolinggo. Ia ditangkap karena diduga terlibat kasus penipuan terhadap 3 orang berbeda.

Pelaku diketahui bernama Sapto Rini Endang Tri Wahyujatir yang diringkus pada Selasa (23/6/2020) sekitar pukul 11.00 Wib. Wanita 38 tahun itu dicokok petugas saat berada di rumahnya, di perumahan Sumberlele, Blok C 5, Desa Sumberlele.

Tak tanggung-tanggung, wanita kelahiran Kabupaten Klaten, Jawa Tengah (Jateng) ini menipu 3 orang warga asal Kecamatan Kraksaan sekaligus. Masing-masing Rusmiasih (39) asal Kelurahan Sidomukti, Wenti (37) dari Kelurahan Semampir dan Yeli Meria Putri (30) warga Desa Sidopekso.

Kapolsek Kraksaan Kompol Sujianto mengatakan, penipuan dilakukan pelaku sejak 2019 lalu. Dari korban Wenti, pelaku berhasil menggondol uang sebesar Rp200 juta lebih, dari Rusmiasih Rp69 juta dan dari Yeli sekitar Rp22 juta.

“Modus pelaku yaitu berpura-pura menawarkan berbagai macam barang lelangan, seperti mobil, sembako, minuman mineral, sepeda motor hingga sepeda gunung. Hal ini dilakukan pelaku pada tahun 2019 lalu, ada juga di tahun 2020,” kata Sujianto, Kamis (25/6/2020).

Ketiga korban, lanjut Sujianto, sudah mentransfer uang di beberapa bank tertentu secara tunai dengan jumlah besar. Namun tak satupun dari ketiga korban yang mendapatkan barang seperti yang sudah ditawarkan oleh pelaku.

“Korban lantas melapor sehingga kami melakukan penyelidikan. Selasa kemarin kami dapatkan informasi keberadaan pelaku, sehingga yang bersangkutan kami ringkus. Total kerugian korban mencapai Rp350 juta. Barang bukti yang ditemukan berupa kwitansi dan bukti transfer,” papar Sujianto.

Selanjutnya, menurut Sujianto, pelaku ditahan untuk kepentingan pemeriksaan. Ia akan dijerat Pasal 378 KUHP tentang tindak pidana penipuan. “Ancaman hukuma maksimal 4 tahun penjara,” tutup dia. (*)

Baca Juga  Ratusan Botol Miras Disita dari Toko ‘Pemain Lama’ di Alassumur


Editor : Efendi Muhammad
Publisher : A. Zainullah FT


Baca Juga

Motor Ditendang, Emak-emak Glamor di Besuk Jadi Korban Jambret 

Probolinggo,- Aksi nekad pelaku kejahatan terjadi di siang bolong. Kali ini, maling beraksi di Desa …