3 Bulan Ditutup, Pasar Hewan Besuk Dibuka Paksa

BESUK-PANTURA7.com, Pasar Hewan di kompleks Pasar Besuk, Kabupaten Probolinggo, dibuka paksa pedagang. Pedagang ingin berjualan kembali setelah pasar ditutup akibat pandemi Covid-19, sejak 3 bulan lalu.

Pantauan PANTURA7.com di lokasi, Kamis (25/6/2020) pagi, puluhan kendaraan bak terbuka bermuatan sapi lalu lalang keluar masuk pasar. Ironisnya, para pedagang dan pembeli yang tengah transaksi, terlihat tidak mengenakan masker.

Muhammad Sholehuddin (45) pedagang sapi asal Desa Pondok Kelor, Kecamatan Paiton mengatakan, pedagang nekad membuka pasar karena banyak pedagang yang terlanjur datang. Alhasil, arus lalu lintas di jalan raya Besuk pun macet.

“Ya, mau tidak mau kami buka paksa pasarnya. Karena pedagang sapi dari berbagai desa sudah berdatangan. Kalau tidak dibuka, bakalan macet,” kata Sholehuddin.

Selama pasar hewan ditutup, lanjut dia, sangat berdampak terhadap ekonomi para pedagang. Sejak pasar hewan ditutup pada Maret lalu, otomatis menurutnya, pedagang kehilangan pendapatan.

“Mau dikasih makan apa keluarga kami, sedangkan sumber ekonomi kami dari berdagang sapi. Beda jika ada gaji tetap, ya enak. Saya harap pasar hewan dibuka kembali seperti biasanya,” ujar dia.

Meski dibuka paksa, sambungnya, pedagang sapi yang datang ke Pasar Hewan Besuk hanya berasal dari wilayah Kabupaten Probolinggo. Sementara, papar Sholehuddin, pedagang dari luar daerah belum datang karena pasar dibuka secara tiba-tiba.

“Tidak ada yang dari luar daerah Kabupaten Probolinggo karena ini perdana dibuka setelah sekitar 3 bulan ditutup pemerintah gara-gara pandemi Covid-19,” tutupnya.

Diketahui, pasar hewan di Kabupaten Probolinggo ditutup sejak Rabu (8/4/20202) lalu. Penutupan ini untuk mencegah penyebaran Covid-19 di Kabupaten Probolinggo lantaran tak sedikit pedagang hewan yang berasal dari zona merah seperti, Surabaya, Sidoarjo dan Lumajang. (*)

Baca Juga  Pasar Hewan Maron Kerap Macet, Dewan Rancang Jalur Lingkar


Editor : Efendi Muhammad
Publisher : A. Zainullah FT


Baca Juga

Bulan Ramadan, Jam Kerja ASN Pemkab Probolinggo Dipangkas

Probolinggo,- Selama Ramadan, Pemerintah Kabupaten Probolinggo memangkas jam kerja bagi para Aparatur Sipil Negara (ASN)-nya. …