TWSL Akan Dibuka, Pengunjung Berjalan Searah

MAYANGAN-PANTURA7.com, Menyongsong new normal, sejumlah tempat wisata di Kota Probolinggo akan dibuka kembali. Salah satunya, Tempat Wisata Studi Lingkungan (TWSL) di Jalan Basuki Rachmad, Kota Probolinggo segera dibuka, dengan protokol kesehatan.

Setelah sekitar lima bulan ditutup, Bonbin Mini, sebutan lain TWSL akan dibuka kembali. Hanya saja, para pengunjung harus berjalan searah dari pintu masuk hingga keluar.

Kepala Dinas Lingkungan Hiduo (DLH), Rachmadeta Antariksa mengatakan, mejelang masa transisi sudah disiaapkan protokol kesehatan bagi pengunjung TWSL. Sudah disiapkan tempat cuci tangan, alat pengukur suhu tubuh, juga bilik kesehatan. Selain itu pengunjung diwajibkan mengenakan masker.

“Ketika sedang berada di lingkungan TWSL usahakan tidak terlalu banyak melakukan interaksi dengan orang atau benda lain, tidak banyak menyentuh, hanya berjalan saja dan menikmati taman sambil melihat hewan,” ujar Deta, panggilan akrab Rachmadeta Antariksa, Rabu (24/6/2020).

Deta menambahkan, para pengunjung diminta menjaga jarak aman. Selain itu pengunjung diminta berjalan searah saat mengunjungi TWSL. Sehingga tidak ada pengunjung yang berpapasan apalagi bergerombol di dalam Bonbin Mini.

Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Budi Krisyanto menambahkan, tip aman berwisata. Yakni, kunjungi tempat wisata seperti kebun binatang yang paling dekat dengan rumah. Sehingga pengunjung tidak perlu berhenti di tempat peristirahatan untuk mengisi bensin, membeli makanan, pergi ke toilet, beristirahat, yang bisa meningkatkan risiko terpapar penyakit.

Budi Kris, panggilan Budi Krisyanto mengingatkan, agar pengunjung tempat wisata tidak berkerumun. Ia juga menyarankan, tempat bermain di kebun binatang, yang memiliki banyak permukaan juga harus sering disemprot cairan disinfektan.

“Apa yang bisa kita lakukan adalah dengan melakukan pencegahan. Hal-hal tersebut tidak bisa memberikan garansi bahwa kita tidak akan terkena penyakit tetapi merupakan strategi untuk mengurangi risiko sebanyak mungkin,” ujarnya.

Baca Juga  Janda Nekat Bunuh Diri di Kanigaran

Salah satu warga sekitar, Agus mengatakan, di beberapa daerah, sudah banyak kebun binatang yang mulai dibuka. “Mudah-mudahan, TWSL di Probolinggo segera dibuka kembali,” katanya. (*)


Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher: Rizal Wahyudi


Baca Juga

Lonjakan Pengunjung Wisata di Pasuruan Menurun, Diprediksi Naik Lagi saat Hari Raya Ketupat

Pasuruan,- Selama libur lebaran, sejumlah destinasi wisata di Kabupaten Pasuruan, disesaki wisatawan. Seperti Taman Ria …