‘Kampung Nila’, Bikin Manja Penghobi Mancing Warga Kota

MAYANGAN-PANTURA7.com, Untuk memupus kejenuhan aktivitas keseharian, akhir pekan bisa digunakan untuk penyegaran (refreshing). Kita tidak harus mengunjungi tempat-tempat wisata yang sudah dikenal (popular).

Salah satu tempat refreshing itu adalah kolam pancing. Tentu bagi mereka yang hobi memancing.

Salah satunya adalah “objek wisata” baru di Kota Probolinggo berupa kolam pancing yang menyiapkan aneka ikan seperti, gurami, bandeng, nila, hingga belanak.

Daerah yang bernuansa alam desa ini berada di kawasan Jalan Lingkar Utara (JLU) tepatnya di Jalan Anggrek. Kolam pancing itu terletak di Kampung Nila, RT 07/RW 07, Kelurahan Sukabumi, Kecamatan Mayangan, Kota Probolinggo.

Rudy Bajuri, salah satu pengelola kolam pancing tersebut mengatakan, awal pekan ini antusiasme pengunjung sangat besar. Bahkan, jumlah kunjungan mereka bisa mencapai hampir seratus orang pada akhir pekan ini.

Setiap orang dikenakan biaya Rp60.000 untuk durasi memancing seharian, pukul 07.00-17.00 WIB. Sedangkan warga yang memancing selama setengah hari, pukul 12.00-17.00 WIB dikenakan tarif Rp40.000.

“Keberadaan kolam pancing milik beberapa warga di RT/RW 07 ini, tak hanya dibuka untuk memanjakan pengunjung yang memiliki hobi memancing. Para pemancing tetap diminta menggunakan masker, juga jaga jarak,kan masih dalam pandemic Covid,”ujar Rudy.

Keberadaan kolam pancing itu, kata Rudy, juga demi memberdayakan masyarakat setempat. Khususnya generasi muda di wilayah RT/RW 07 Kelurahan Sukabumi yang belum memiliki pekerjaan.

Di sisi lain, mulai dibukanya kolam pancing ini menjadi area wisata baru bagi publik, seiring bentuk keprihatinan terhadap kondisi lingkungan di tengah pandemi Covid-19.

“Kami harap, dengan dibukanya kolam pancing ini untuk ikut mendorong peningkatan ekonomi warga,” katanya.

Salah satu pemancing, Agus, warga Mangunharo mengatakan, tempatnya enak. Selain itu tersedia kolam-kolam dengan jenis ikan berbeda.

Baca Juga  Pemprov Jatim Berencana Bangun Kereta Gantung di Bromo

Kolam sebelah utara berisi bandeng, kolam selatan “dihuni” nila. “Tarif Rp60.000 untuk memancing seharian, menurut saya, relatif terjangkau,” katanya. (*)


Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher: Rizal Wahyudi


Baca Juga

TWSL Masih Jadi Wisata Favorit Libur Lebaran di Probolinggo

Probolinggo,- Taman Wisata Studi Lingkungan (TWSL) Kota Probolinggo masih menjadi tempat favorit warga pada libur …