Duh! Sungai di Lekok ini Penuh Sampah, Kotor dan Bau

LEKOK-PANTURA7.com, Kotor dan Bau! Pemandangan ini tersaji di sungai yang berada di Desa Tambak Lekok, Kecamatan Lekok, Kabupaten Pasuruan. Ironisnya, kondisi ini sudah terjadi sejak 6 bulan lalu.

Berdasarkan pantauan PANTURA7.com di lokasi, sungai selebar sekitar 8 meter ini dipenuhi sampah domestik, seperti sampah peralatan rumah tangga, pampers, kayu hingga kotoran ternak. Alhasil, sungai pun menimbulkan bau tidak sedap.

“Ini sudah enam bulanan mas, sampah numpuk di sungai, terutama di sekitar muara. Sampai sekarang tidak ada pengerukan sungai,” kata Abdul Wahab (50) warga Desa Tambaklekok, Selasa (23/6/2020).

KOTOR : Sungai di Desa Tambaklekok yang tertutupi sampah. (Foto : Moch. Rochim)

Menurutnya, sampah-sampah ini sebagian berasal dari warga sekitar dan sebagiannya merupakan sampah kiriman dari desa-desa di kawasan selatan. Terutama kotoran hewan seperti sapi dan kambing.

“Jadi sampah ini berasal dari setidaknya desa yang berada di sepanjang aliran sungai ini. Meliputi Desa Tambak Lekok, Branang, Tampung, Jatirejo dan Balonganyar,” papar dia.

Seorang warga lainnya, Hadidi (38) mengaku sangat terganggu dengan banyaknya sampah yang menutupi sepanjang aliran sungai. Ia memperkirakan, sungai sampah mengular sekitar 3 kilometer, dari selatan hingga muara.

“Panjang mas, sekitar tiga kilometer sungainya penuh sampah. Bau dan merusak pemandangan, kalau musim hujan tiba, saya kwatir kampung kami terendam banjir,” keluh dia.

Tumpukan sampah di sungai tersebut, imbub Hadidi, tidak hanya terjadi tahun ini. “Sudah puluhan tahun, tapi kalau musim hujan dan air laut pasang, kan terbuang ke laut,” jelasnya. (*)


Editor : Efendi Muhammad
Publisher : A. Zainullah FT


Baca Juga  Relawan-Pemkab Normalisasi Sungai Rejoso

Baca Juga

TPT Ambrol Kali Kertosono Baru Bisa Diperbaiki Permanen Tahun Depan, ini Sebabnya

Probolinggo,- Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pengelola Sumber Daya Air (PSDA) Jawa Timur Wilayah Sungai (WS) …