Dana Kena Kepras, Rekonstruksi Jembatan Pajarakan Gagal

PAJARAKAN-PANTURA7.com, Rencana pembangunan ulang Jembatan Pajarakan di KM 116 Kabupaten Probolinggo gagal total. Pasalnya, dana rekontruksi jembatan senilai Rp4 miliar dialihkan untuk pencegahan dan penanggulangan Covid-19 (refocusing).

Koordinator Pengawas BBPJN VIII PPK Probolinggo – Situbondo, Candra Erfin mengatakan, perbaikan jembatan sejatinya ditargetkan selesai tahun ini. Namun pandemi virus corona yang terjadi sejak akhir 2019, membuat perbaikan jembatan terpaksa diundur.

“Rencananya rekonstruksi jembatan digarap tahun ini. Lantaran ada wabah corona, terpaksa rencana itu ditunda tahun depan. Anggarannya pun sudah ditarik untuk pencegahan corona,” kata Candra, Senin (15/6/2020).

Dalam perencanaannya, lanjut Candra, jembatan yang menghubungkan jalur pantura Probolinggo – Situbondo itu, akan didesain seperti Jembatan Randu Merak, Kecamatan Paiton. Diketahui, jembatan Randumerak dibangun dengan sistem dua jalur berlawanan.

“Kami nanti bangun jembatan dobel di sebelah selatan jembatan yang ada saat ini. Jadi akan ada dua jembatan, masing-masing jembatan dilintasi oleh satu arus” tuturnya.

Ia menambahkan, karena jembatan baru akan dibangun disisi selatan, tentu akan berimbas terhadap lahan pemukiman di sekitar lokasi. Menurut dia, pihaknya belum bisa memastikan berapa lebar lahan yang akan dibebaskan untuk kebutuhan rekontruksi jembatan.

“Ada dua desa di Kecamatan Pajarakan yang nantinya akan terkena pembebasan lahan. Yaitu Desa Sukomulyo dan Sukokerto,” ujarnya.

Proses pembebasan lahan, dijelaskan Chandra, kemungkinan akan dilakukan pada bulan Oktober tahun ini. Pembebasan lahan akan dilakukan Tim Khusus dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

“Nah, setelah pembebasan lahan selesai, akan dilanjutkan dengan rekonstruksi Jembatan Pajarakan pada tahun berikutnya. Anggaran Rp4 miliar itu tidak termasuk pembebasan lahan. Jadi anggaran itu hanya khusus untuk pengerjaan jembatan saja,” tutup dia. (*)

Baca Juga  Pelaku Pembacokan Penjual Es Ditangkap, Satu Warga Terluka


Editor : Efendi Muhammad
Publisher : A. Zainullah FT


Baca Juga

Libur Panjang Kenaikan Isa Al Masih, 30 Ribu Tiket KA Daop 9 Jember ‘Sold Out’

Probolinggo,- Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 9 Jember menyiapkan 37.060 tempat duduk pada libur Kenaikan …