Mantap! 39 Pasien Covid-19 di Pasuruan Dinyatakan Sembuh

BANGIL-PANTURA7.com, Jumlah warga Kabupaten Pasuruan yang sembuh pasca terinfeksi Covid-19, terus bertambah. Hari ini, Kamis (4/5/2020) sore, ada 10 orang pasien yang dinyatakan telah negatif Covid-19 alias sembuh.

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Pasuruan, Irsyad Yusuf mengatakan, 6 dari 10 orang pasien sembuh merupakan pasien yang dirawat di Rumah Isolasi SKB (sehat, kuat, bahagia) Pandaan, dan 4 orang lainnya di RSUD Bangil.

“Setelah kemarin ada 16 orang yang sembuh dari Covid-19, hari ini saya sampaikan bahwa 10 lagi warga Kabupaten Pasuruan yang dinyatakan bebas Covid-19 dan diperbolehkan pulang,” kata Irsyad, dalam keterangan persnya.

Dijelaskan Irsyad, 6 pasien sembuh yang berasal dari rumah isolasi, terdiri dari 2 warga Puspo, 2 warga Pandaan, 1 warga Gempol dan 1 warga Kecamatan Prigen.

Empat pasien sembuh lainnya, menurut Irsyad, berasal dari Ruang Isolasi RSUD Bangil terdiri dari 1 orang perempuan (63) dari Kecamatan Kraton, 1 orang laki-laki (50) dari Nguling, 1 orang perempuan (25) dari Bangil serta 1 tenaga kesehatan (nakes) berusia 28 tahun dari Bangil.

Terhadap kesepuluh warga ini, Irsyad berharap agar terus bisa menjaga kedisplinan dalam urusan kesehatan dan kebersihan. Hal ini penting dilakukan, lantaran kunci utama untuk melawan Covid-19 adalah komitmen tinggi untuk disiplin dalam menerapkan PHBS (perilaku hidup bersih dan sehat).

“Disiplin untuk memakai masker kalau keluar rumah. Rajin cuci tangan dengan sabun. Terus jaga jarak aman. Menghindari kerumunan, dan kalau badan terasa kurang fit, harus tetap di rumah dan menjaga imun tubuh agar terhindar dari Covid-19,” harapnya.

Irsyad menegaskan, keberhasilan masyarakat memerangi Covid-19 dimulai dari keberhasilan keluarga. Terlebih saat ini, seluruh desa dan kelurahan se-Kabupaten Pasuruan harus bisa menciptakan Kampung Tangguh Kebal (Keluarga berdaya lawan) Covid-19.

Baca Juga  Puluhan Pelaku Kejahatan Digulung Polres Probolinggo

“Kalau seluruh keluarga tangguh dan kebal, maka sudah pasti desa atau kelurahannya juga tangguh dan kebal. Maka dari itu, kami menamakan Kampung Tangguh Kebal Covid-19,” tandas politisi PKB ini.

Dengan bertambahnya 10 orang yang sembuh, maka total ada 39 warga Kabupaten Pasuruan yang dinyatakan sehat dan bebas dari Covid-19. Adapun jumlah pasien terpapar Covid-19, sebelumnya mencapai 87 orang. (*)


Editor : Efendi Muhammad
Publisher : Rizal Wahyudi


Baca Juga

Arus Balik, Penumpang KA di Stasiun Bangil Melonjak 40 Persen

Pasuruan,- H+4 Lebaran, Stasiun Bangil di Kabupaten Pasuruan dipadati penumpang yang melakukan perjalanan mudik balik. …