Diserbu Pedagang Luar Daerah, Harga Cabai Merah Anjlok

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Harga jual cabai merah di Kabupaten Probolinggo anjlok. Rendahnya harga cabai merah atau cabai keriting ini dipicu oleh serbuan cabai merah luar, yang masuk ke sejumlah pasar tradisional di Kabupaten Probolinggo.

Anjloknya harga jual cabai merah disampaikan oleh Muhammad Ridho (25) pedagang asal Desa Randutatah, Kecamatan Paiton. Ia mengatakan bahwa turunnya harga cabai bukan karena kualitas cabai melaikan karena menumpuknya cabai merah di pasaran.

“Kalau cabainya sendiri kebanyakan bagus, tetapi yang membuat harganya turun drastis itu karena adanya penyuplai dari luar daerah seperti, Banyuwangi, Jakarta dan daerah lain yang masuk kesini,” tuturnya, Senin (20/8/2018).

Harga jual cabai merah ditingkat pedagang saat ini, kata Ridho, berkisar antara Rp 7 ribu sampai Rp 8 ribu per kilogram. “Biasanya kisaran Rp 15 ribu mas, cabainya numpuk gak ada yang beli,” ketusnya.

Hal senada disampaikan oleh Abdul Hamid (45) pedagang cabai asal Desa Maron Kidul, Kecamatan Maron. Menurutnya, harga cabai di Pasar Maron tidak jauh berbeda dengan harga cabai di pasar lain. Cabai merah murah karena banyaknya kiriman dari pengepul.

“Harga cabai merah Rp 10 ribu disini, murah sekali. Untung hargga cabai rawitt masih tinggi, masih diatas Rp 20 ribu per kilogramnya. Jadi kami masih bisa ambil keuntungan dari itu,” ucapnya saat ditemui di Pasar Maron.

Hamid berharap, Pemerintah Daerah (Pemkab) Probolinggo segera bertindak untuk membatasi serbuan cabai merah dari luar daerah. “Jika tidak dibatasi, kan kasihan petani sini, bisa-bisa gak laku cabainya,” harapnya. (*)

 

 

Penulis : Moh Ahsan Faradies

Editor : Efendi Muhammad

Baca Juga  Tunjang Ekonomi, Akses Penghubung Dusun di Desa Jurangjero Diresmikan

Baca Juga

Susul Bawang Merah, Harga Cabai Rawit dan Cabai Besar Juga Naik

Probolinggo,- Selain bawang merah yang harganya naik, dua komoditas dapur cabai rawit dan cabai besar …