Kampung Tangguh Sukokerto Menyambut era New Normal

PAJARAKAN-PANTURA7.com, Desa Sukokerto, Kecamatan Pajarakan Kabupaten, Kabupaten Probolinggo, menjadi salah satu dari tiga desa tangguh bencana, yang dicanangkan pemerintah daerah setempat.

Hal ini tak lepas dari sterilnya desa tersebut dari warga yang terkonfirmasi positif Covid-19, berstatus Pasien Dalam Pengawasan (PDP) pun Orang Dalam Pemantauan (ODP) dari virus asal Wuhan, Tiongkok tersebut.

“Alhamdulillah, kerja keras kami dalam menjaga desa tetap steril dan bebas penyakit, membuahkan hasil. Pemerintah desa dibantu warga juga kompak melakukan cek point disetiap akses masuk desa,” kata Rahmad, warga Desa Sukokerto, Sabtu (30/5/2020).

Sementara, Komandan Kodim 0820 Probolinggo, Letkol Inf. Imam Wibowo, saat menyerahkan bantuan masker, baju Alat Pelindung Diri (APD) dan Jas hujan kepada Pj. Kepala Desa Sukokerto Mulyono menyebut, kampung tangguh tersebut terbentuk berkat kemandirian desa dan kesadaran warganya dalam menjalankan seruan pemerintah.

“Jadi kampung tangguh yang didalamnya ada RT dan RW, secara mandiri melakukan pendataan dan penanganan untuk menanggulangi Covit-19. Masyarakat yang paling bawah ini merupakan garda terdepan dalam penanggulangan Covid-19,” papar Dandim.

Ia selanjutnya berharap, kampung tangguh menjadi pondasi ketahanan nasional dalam memerangi Covid-19 dan memasuki era ‘New Normal’, yang dimulai dari tingkat RT dan RW. “Bantuan selama pandemi juga akan kami salurkan secara merata,” paparnya.

Namun meski sudah berpredikat sebagai kampung tangguh, imbuh Dandim, ia mewanti-wanti masyarakat Desa Sukokerto tetap menerapkan protokoler kesehatan dan memakai APD jika ada warga tetiba meninggal dan terkonfimasi positif Covid-19.

“Apabila tidak ada orang kesehatan yang bisa datang untuk itu, maka desa yang akan melaksanakan pemakaman. Tetapi harus sesuai protokol kesehatan, seperti memakai baju APD dan sejenisnya,” tandas dia. (*)

Baca Juga  Identitas Wanita Linglung di Pantai Tambaksari Terkuak, Tolak Jemputan Keluarga


Editor : Efendi Muhammad
Publisher : A. Zainullah FT


Baca Juga

Arus Balik, Penumpang KA di Stasiun Bangil Melonjak 40 Persen

Pasuruan,- H+4 Lebaran, Stasiun Bangil di Kabupaten Pasuruan dipadati penumpang yang melakukan perjalanan mudik balik. …