Atasi Covid-19, Pemkab Probolinggo Segera Operasikan Tes Cepat Molekuler

KRAKSAAN-PANTURA7.com, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo terus berupaya menekan penyebaran corona virus disease 2019 (Covid-19) di wilayahnya. Pekan depan, pemkab akan mengoperasikan Tes Cepat Molekuler (TCM) untuk mempercepat proses pemeriksaan pasien Covid-19.

TCM awalnya merupakan alat test TBC yang dimiliki Pemkab Probolinggo di RSUD Waluyo Jati Kraksaan dan Puskesmas Sumberasih. Nantinya, TCM ditingkatkan fungsinya menjadi alat test Polymerase Chain Reaction (PCR) dengan memanfaatkan cartridge dalam pengoperasiaannya.

“Ini sudah berdasarkan rekomendasi dari pemerintah provinsi (Jawa Timur). Akurasi alat PCR tersebut bisa dikatakan layak atau 95 persen akurat sebagaimana hasil dari mesin Swab milik pemerintah provinsi,” kata Bupati Probolinggo, Puput Tantriana Sari, usai mengecek kesiapan mesin TCM di RSUD Waluyo Jati Kraksan, Minggu (10/5/2020)

Ia menambahkan, TCM yang difungsikan sebagai PCR COVID-19 itu diprediksi mampu memproses test swab Covid-19 sebanyak 30 sampai dengan 40 spesimen dalam sehari. Namun kendalanya, cartridge yang tersedia masih terbatas, yaitu baru 100 pack.

“Persediaan yang terbatas itu akan digunakan pada pasien yang dinilai perlu saja. Misalnya pasien PDP, ODP dan yang pasti pasien positif itu juga,” ungkap dia.

Dengan adanya alat modifikasi tersebut, sambung Tantri, pihaknya bisa melakukan swab secara mandiri dan tidak perlu menunggu antrian panjang di laboratorium Covid-19 di Surabaya. Selain itu, hasil tes juga tidak harus ditunggu sampai berhari-hari.

“Dengan alat ini, hasilnya bisa ditunggu dalam hitungan jam saja. Kalau sebelumnya hasil swab bisa mingguan karena harus menunggu antrian panjang,” tutur istri Hasan Aminuddin ini.

Alat tes ini, menurut Tantri, akan dioperasikan di RSUD Waluyo Jati Kraksaan dan RSUD Tongas. Ia berharap, ikhtiar tersebut mampu mempercepat proses deteksi dan penangan pasien di Kabupaten Probolinggo.

Baca Juga  Tinjau Perbaikan Jalan Rusak, Wabup Timbul Berterima Kasih ada Kritik yang Membangun

“Sekaligus meringankan beban laboratorium rujukan di Surabaya dan Malang yang hari ini mulai overload,” harapnya. (*)


Editor : Efendi Muhammad
Publisher : A. Zainullah FT


Baca Juga

TPID Kota Probolinggo Buka Warung Sembako, Harga tak Menguras Kantong

Probolinggo,- Pemerintah Kota (Pemkot) Probolinggo melalui Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah dan Perdagangan (DKUMP), …