BANGIL-PANTURA7.com, Jumlah warga yang terpapar corona virus disease 2019 (Covid-19) di wilayah Kabupaten Pasuruan melonjak drastis. Per hari ini, Sabtu (9/5/2020) sore, ada 21 pasien baru yang terkonfirmasi positif Covid-19.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Pasuruan, Syaifudin Ahmad mengatakan, 21 pasien baru tersebut terdiri dari 9 orang Tenaga Kesehatan (Nakes) dari RSUD Bangil dan Grati, 6 orang merupakan keluarga dari petugas Kesehatan itu sendiri, 3 orang PDP (pasien dalam pengawasan) serta 3 OTG (orang tanpa gejala).

“Berdasarkan hasil swab yang keluar hari ini, sebanyak 21 warga Kabupaten Pasuruan terkonfirmasi Covid-19,” kata Syaifudin dalam keterangan persnya di Posko Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Pasuruan.

Dijelaskannya, 9 orang petugas terkonfirmasi Covid-19 diantaranyan pasangan suami istri yang berprofesi sebagai perawat di RSUD Grati dan RSUD Bangil. Pasutri yang berdomisili di Kecamatan Beji ini, lalu menularkan penyakitnya kepada ketiga anak mereka, yang berusia 18, 10 dan 7 tahun.

Petugas lainnya yang juga terkonfirmasi Covid-19 bersama keluarganya adalah 1 orang dokter, perempuan (44) di RSUD Bangil dan bertempat tinggal di wilayah Kecamatan Pandaan. Covid-19 ini juga menular kepada putrinya yang berusia 8 tahun dan tinggal satu rumah dengannya.

Selanjutnya adalah seorang laki-laki (51), perawat RSUD Bangil dan berdomisili di Kecamatan Kraton. Lalu 1 orang laki-laki (24), tenaga Kesehatan RSUD Bangil dan bertempat tinggal di Kecamatan Bangil; serta 1 perempuan (47), tenaga Kesehatan dari RSUD Bangil dan bertempat tinggal di Kecamatan Beji.

Selanjutnya, ada 1 orang perempuan (43), perawat RSUD Bangil yang tinggal di Kecamatan Beji. Terakhir adalah 1 laki-laki (32), perawat RSUD Bangil dengan alamat Kecamatan Rembang, serta 1 orang perempuan (31), perawat RSUD Bangil yang berasal Kecamatan Pasrepan.

Baca Juga  Gila! Suami di Pasuruan Jual Istri dengan Tarif Rp. 50 Ribu

Sedangkan 3 PDP (pasien dalam pengawasan) yang terkonfirmasi Covid-19 terdiri dari 2 orang laki-laki berusia 71 dan 31 tahun. Ia terlibat kontak langsung dengan pasien terkonfirmasi Covid-19 dari Kecamatan Gempol, serta 1 orang perempuan (32) dari Kecamatan Pandaan yang dirawat di RSUD Bangil.

Tak berhenti di situ, 3 warga Kabupaten Pasuruan yang berstatus Positif Covid-19 pada hari ini adalah 3 orang yang berasal dari OTG (orang tanpa gejala). Terdiri dari 1 perempuan (39) dari Kecamatan Puspo, 1 perempuan (60) dari Kecamatan Tutur, serta perempuan (44) dari Kecamatan Rembang.

Dua lainnya yang juga terkonfirmasi Covid-19 pada hari ini adalah ibu (44) dan anak laki-lakinya (8) dari Kecamatan Rembang. Keduanya merupakan istri dan anak dari pasien terkonfirmasi Covid-19 dari Kecamatan Rembang.

Seluruh pasien baru ini, kini menjalani isolasi di RSUD Bangil. Tambahan 21 pasien baru membuat jumlah warga yang positif terpapar Covid-19 di wilayah Kabupaten Pasuruan menjadi 40 orang.

Sementara, jumlah PDP Covid-19 di Kabupaten Pasuruan juga bertambah 4 orang. Terdiri dari 1 warga Sukorejo, 1 warga Gempol, 1 warga Grati dan 1 warga Prigen. Lantaran ada 12 orang PDP yang sudah dinyatakan terkonfirmasi Covid-19, maka jumlahnya berkurang dari 105 orang menjadi 96 orang.

“Untuk jumlah ODP (orang dalam pemantauan) Covid-19 di Kabupaten Pasuruan juga bertambah 2 orang dari Grati dan Prigen,” tandas Syaifuddin. (*)


Editor : Efendi Muhammad
Publisher : A. Zainullah FT