Pandemi Covid-19, Ziarah Kubur Tetap Ramai

MAYANGAN-PANTURA7.com. Pandemi virus corona (Covid-19) tidak menyurutkan niat warga Probolinggo untuk ziarah kubur. Sejumlah pemakaman umum pun ramai didatangi warga, Kamis sore (23/4/2020).

Tidak terkecuali di Makam Mbah Makmum di Jalan Hayam Wuruk, Kelurahan Jati, Kecamatan Mayangan Kota Probolinggo. Puluhan warga tampak berziarah kubur.

Pantauan Pantura7.com, setiap rombongan warga beramai-ramai ziarah kubur. Tua muda ikut serta berziarah.

Ida (50), warga Jati misalnya, berziarah bersama sanak keluarganya. Ia beralasan, terbilang tidak jauh-jauh dan ziarah sudah setiap tahun terutama menjelang Ramadan.

Seolah menjadi sangat hambar baginya jika harus melewatkan Ramadhan tanpa berziarah kubur ke makam orangtuanya.

“Kalau dibilang takut, ya takut sih sebenarnya kalau harus keluar rumah. Tapi ziarah kubur ini, sudah menjadi kebiasaan saya dan keluarga setiap tahunnya, apalagi akan memasuki bulan Ramadan seperti ini,” ucapnya.

Sebenarnya Ida mengaku, takut keluar rumah saat Covid-19 merebak.

Kebiasaan warga ziarah kubur menjelang Ramadhan juga disadari Pemerintah Kota Probolinggo. Sebagai antisipasi atas hal itu, pihak kelurahan diminta melakukan pengawasan terhadap kegiatan ziarah kubur di sejumlah pemakaman.

Terkait warga yang melakukan ziarah, petugas kelurahan, Eko menyampaikan imbauan kepada masyarakat agar senantiasa mengutamakan kesehatan.

Hal itu disampaikan saat melakukan penyemprotan disinfektan pada rumah rumah warga.


“Kami telah meminta masyarakat mewajibkan semua warga menggunakan masker. Dan itu merupakan imbauan yang sudah disampaikan Bapak Walikota lewat recorded voice,” imbuhnya. (*)


Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher: Muhammad Rizal


Baca Juga  Vaksinasi di Kab. Probolinggo Sasar Pelajar, Capai 3.048 Orang

Baca Juga

Naik 15 Persen, KAI Daop 9 Jember Angkut 208.798 Penumpang

Probolinggo,- PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 9 Jember selama 22 hari angkutan lebaran melayani …