Pandemik Covid-19 ‘Paksa’ UNISMA Kembali Terapkan Ujian Disertasi Online

MALANG-PANTURA7.com, Pandemik Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), membuat Universitas Islam Malang (UNISMA) kembali menerapkan ujian Seminar Proposal (Sempro) Disertasi Mahasiswa S3 secara online dengan memanfaatkan aplikasi Zoom.

Sebelumnya, pemanfaatan ujian sempro S3 via online (daring) juga dilakukan pada pekan lalu. Kebijakan yang diterapkan sejak Selasa hingga Kamis (14-16/4/2020) ini sebagai bentuk antisipasi penyebaran penularan Covid-19 di kampus dan sekitarnya.

Salah seorang mahasiswa peserta sempro, Ubaidillah Afief mengaku bangga dengan kebijakan yang ditempuh kampus Nahdlatul Ulama (NU) itu. Sebab, ditengah pandemik corona kampus masih konsisten menjaga kontinuitas pendidikan mahasiswanya.

“Saya sangat bangga dengan kampus ini yang tetap istiqomah menjalankan aturan dan memudahkan mahasiswanya untuk tetap bisa menjalankan kegiatan kemahasiswaan, salah satunya tetap mengadakan Seminar Proposal Online,” kata Ubaid, begitu ia disapa, Rabu (15/4/2020).

Kandidat doktor asal Kabupaten Probolinggo ini menjelaskan, ia mengambil penelitian di kawasan Gunung Bromo untuk materi disertasinya. Menurut Ubaid, kultur masyarakar sekitar Bromo sangat menarik sebagai objek penelitian.

“Sudah bertahun-tahun (di kawasan Bromo) tidak ada konflik sama sekali dalam persoalan agama, meskipun islam adalah agama minoritas. Tentu banyak kritik dan saran dari para penguji yang harus saya perbaiki,” tutur Dosen IAIN Jember ini.

Sementara itu, Wakil Rektor (Warek) I UNISMA, Prof. Drs. H. Junaidi Mistar, P.hD mengatakan, ujian dengan sistem online ini memang harus diambil sebagai sebuah kebijakan di tengah pandemi Covid-19.

“Ini kaitannya untuk menekan penyebaran Covid-19 itu sendiri,” katanya saat dikonfirmasi via sambungan seluler.

Ia menambahkan, sistem online ini dapat memutus penyebaran virus tersebut. Karena bisa jadi seseorang merasa sehat meski terinfeksi dan berpotensi menyebarkan Covid-19.

Bahkan imbuhnya, bimbingan, ujian skripsi, tesis dan ujian tertutup untuk disertasi di Unisma, kini semuanya dilaksanakan secara online.

Baca Juga  Aksi Makan Sabun Viral, Ini Kata Pakar Medis

“Sementara khusus untuk ujian promosi terbuka. Akan diselenggarakan tatap on side, tapi itu nanti kalau suasana memungkinkan. Semoga wabah Covid-19 ini cepat berakhir,” harapnya. (*)


Editor : Efendi Muhamad
Publisher : A. Zainullah FT


Baca Juga

Jelang Keberangkatan, 205 CJH Kota Probolinggo Jalani Pembinaan Kesehatan

Probolinggo,- Sebanyak 205 calon jemaah haji (CJH) asal Kota Probolinggo, Sabtu pagi (20/4/24), mendapat pembinaan …