AIESEC Belajar Penanganan HIV/AIDS di Probolinggo,

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Tingginya kesadaran masyarakat Kota Probolinggo terhadap Orang Dengan HIV/AIDS (ODHA) menjadi perhatian mahasiswa luar negeri yang tergabung dalam Association for the International Exchange of Students in Economics and Commerce (AIESEC).

Para mahasiswa dari 6 negara ini berkunjung ke rumah Manager Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) kota Probolinggo, Badruttamam di Dusun Sukun, Desa Blado Wetan, Kecamatan Banyuanyar, Kabupaten Probolinggo, Kamis (19/7/2018) malam. Selain studi banding penanganan ODHA, mereka juga mengkaji pencegahan penyebaran AIDS.

Sejumlah point penting dihasilkan dalam pertemuan itu, diantaranya tata cara pencegahan dan penanggulangan HIV/ AIDS melalui keterlibatan pemuda & mahasiswa, serta intensitas pertemuan pemuda dan mahasiswa dengan masyarakat agar mendapat dukungan kebijakan dan fasilitas untuk menanggulangi AIDS.

Salah satu mahasiswi asal Spanyol Camilla Ziani yang ikut dalam studi banding itu menuturkan bahwa kedatangannya bersama para mahasiswa lainnya untuk belajar tentang penanganan ODHA, sekaligus melihat kondisi penderita secara langsung.

“Di negara kami para penderita ODHA justru hidup menyendiri, tanpa mau berbaur dengan masyarakat. Sedangkan di Indonesia khususnya di Kota Probolinggo, masih mau berbaur dengan masyarakat,” kata Camilla, Jum’at (20/7/2018).

Badrut Tamam mengaku bangga atas kedatangan para mahasiswa dari Cina, Australia, Italia, Prancis, Jerman dan Spanyol tersebut. Hal ini, sebut Badrut, menambah semangat para petugas KPA dalam menangani dan mendampingi ODHA.

“Kami memberikan langkah antisipasi termasuk pencegahan dalam menangani ODHA. Harapannya bisa dipraktekkan di negaranya masing-masing. Ini juga bisa menjadi cambuk kalangan pemuda bahwa persoalan HIV/AIDS harus menjadi perhatian bersama,” jelas Badrut. (*)

 

 

 

Penulis : Rahmad Soleh

Editor : Achmad Zulkifli

Baca Juga  Pemprov Jatim Siapkan 132 Ruang Isolasi Tambahan bagi Pasien Covid-19

Baca Juga

Januari-April, 3 Warga Kota Probolinggo Terjangkit Leptospirosis, 2 Meninggal Dunia

Probolinggo,- Penyakit leptospirosis masih menjadi penyakit yang perlu diwaspadai di Kota Probolinggo. Terhitung sejak Januari …