Bahayakan Pengguna Jalan dan Listrik, Pohon di Jalan Protokol Dipangkas

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Probolinggo mulai melakukan pemangkasan ranting dan cabang pohon. Ini untuk mengantisipasi pohon roboh selama musim hujan.

Apalagi, dalam beberapa hari ini hujan selalu disertai angin kencang.

Pemangkasan ranting pohon dilakukan di seluruh jalan protokol di Kota Probolinggo. Secara bergantian, petugas mendatangi sejumlah ruas jalan.

“Sudah ada beberapa ruas jalan, mulai Jalan Pahlawan, Panglima Sudirman , Soekarno Hatta dan sejumlah jalan-jalan lainnya,” ujar Kepala DLH Kota Probolinggo Budi Krisyanto, Rabu (16/1/2019).

Menurutnya, selama mujim hujan memang banyak ranting atau cabang pohon yang berjatuhan. Sehingga, sangat membahayakan pengendara yang melintas.

“Bukan hanya pohon roboh, ranting yang jatuh saja berbahaya kalau mengenai pengendara yang melintas termasuk rambu-rambu lalin yang tertutup pohon. Ini yang perlu kami antisipasi,” tambah Budi.

Dikatakan, bagi para pengendara yang melintas saat musim hujan juga diminta berhati-hati. Paling tidak, jangan berteduh di bawah pohon.

“Anginnya cukup kencang, kami khawatir kalau berteduh di bawah pohon nanti rantingnya jatuh,” kata dia.

Sementara itu, Suroso salah satu pengendara yang melintas di Jalan Pahlawan mengatakan,  pemangkasan ranting memang perlu dilakukan. Sebab, pada hujan lebat yang terjadi beberapa waktu lalu sejumlah ranting pohon berjatuhan.

“Kalau terkena pengendara pasti akan jatuh. Jadi perlu dipangkas,” katanya.

Tak hanya antisipasi pohon tumbang, DLH juga mengantisipasi pohon atau ranting yang jatuh menimpa kabel listrik. Sehingga pihaknya berkoordinasi dengan PLN untuk turut mengantisipasi gangguan listrik tersebut. (*)

 

Penulis: Rahmad Soleh

Editor: Ikhsan Mahmudi

Baca Juga  Hendak Sowan ke Kyai, Kakak-adik Tewas Dihantam Pikap

Baca Juga

Tambah 54 PJU Baru, Dishub Kota Probolinggo Alokasikan Anggaran Rp860 Juta

Probolinggo,- Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Probolinggo akan menambah puluhan Penerangan Jalan Umum (PJU) di sejumlah …