Area Publik di Kota Probolinggo Kembali Disemprot Disinfektan

MAYANGAN-PANTURA7.com. Penyemprotan cairan disinfektan di area publik kembali dilakukan tim satgas yang dikoordinatori Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Probolinggo, khususnya area publik. Jumat pagi (3/4/2020), tim menyebar ke sejumlah titik di antaranya, Pemkot Probolinggo, Mal Pelayanan Publik, Stasiun Kereta Api, dan Terminal Bayuangga.

Kepala Pelaksana BPBD, Sugito Prasetyo mengatakan, jika area publik merupakan sasaran utama. Soalnya, masih ada aktivitas yang dilakukan masyarakat di tempat itu.

“Tingkat efektivitas penyemprotan ini hanya sekitar 2 x 24 jam, karena itu dua hari sekali disemprot ulang di lokasi itu. Sedangkan bagi masyarakat diimbau untuk melakukan penyemprotan secara mandiri dan lebih sering di rumahnya masing-masing,” ujarnya.

Pihaknya juga melakukan sosialisasi dan edukasi secara berkesinambungan, khususnya berkaitan dengan pola hidup bersih dan sehat (PHBS). Bersama Dinas Kesehatan, PMI, Kodim 0820, Polresta, relawan, Tagana, serta Diskominfo terus digaungkan untuk cuci tangan pakai sabun sesering mungkin.

Penyemprotan disinfektan tidak menjamin sepenuhnya bebas dari virus. Sehingga pola pikir masyarakat tidak tergantung pada penyemprotan disinfektan.

“Untuk sekolah-sekolah karena libur dan tidak ada aktivitas, maka bisa dikatakan minim tingkat penyebaran Covid-19. Karena tenaga kita juga terbatas, agar efektif kita fokuskan untuk area publik. Sedangkan bagi tempat ibadah juga bisa dilakukan secara mandiri setiap harinya, termasuk perumahan warga sudah banyak yang berinisiatif disemprot sendiri,” ungkapnya.

Sugito juga meminta masyarakat pro aktif dan mendukung program pemerintah dalam memutus mata rantai penyebaran virus ini.

“Selama belum ada pengumuman resmi bahwa kita terbebas dari pandemi korona, maka selama itu pula kita harus ikuti anjuran pemerintah. Termasuk semprot disinfektan ini,” pungkasnya.
Beberapa hari sebelumnya, penyemprotan juga dilakukan di rusunawa hingga permukiman yang didapati Pasien Dalam Pengawasan (PDP). (*)

Baca Juga  Rapid Test Reaktif, Ratusan Karyawan Pabrik Ikan Diisolasi


Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher : Muhammad Rizal


Baca Juga

Arus Mudik Lebaran, Sopir dan Kru Bus Diperiksa Kesehatan

Probolinggo,- Untuk memastikan kesehatan sopir dan kru bus, Dinas Kesehatan dan P2KB Kota Probolinggo, bersama …