Pemukiman Warga di Pakuniran Disemprot Hindari Corona

PAKUNIRAN-PANTURA7.com, Sebagai langkah antisipasi pencegahan penularan virus corona (Covid-19), anggota Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Lumbung Informasi Rakyat (LIRA) Kecamatan Pakuniran, menyemprotkan desinfektan ke rumah warga sekitar.

Tak hanya melibatkan anggota LIRA yang berada di Kecamatan Pakuniran saja. Namun aksi swadaya yang dilakukan pada Senin (30/3/2020) ini juga melibatkan Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimka) setempat.

Sedikitnya, ada dua dusun di Desa/Kecamatan Pakuniran yang menjadi sasaran penyemprotan desinfektan, yakni dusun Duren dan Dusun Kembang.

Sekretaris Lembaga Harian (LBH) LIRA Pakuniran, Moh. Muhri mengatakan, penyemprotan desinfektan tersebut merupakan upaya sederhana dalam mencegah penularan virus corona di Kecamatan Pakuniran.

“Semoga dengan penyemprotan desinfektan ini, masyarakat Pakuniran tak satupun yang masuk dalam daftar ODP atau ODR, apalagi PDP dan positif. Hidup bersih tak hanya diri saja, lingkungan juga diperhatikan,” kata Muhri.

Alat semprot desinfektan, lanjut Muhri, sebagian ia dapatkan berkat bantuan dari anggota koramil setempat. Sebagiannya lagi, hasil dari swadaya masyarakat.

“Alat semprot juga berkat swadaya masyarakat yang biasa digunakan untuk menyemprotkan hama di sawah. Sasarannya dari dua dusun itu mulai dari rumah dari RT 1 sampai RT 5,” tutur Muhri.

Sementara itu, Kapolsek Pakuniran, Iptu Haby Sutoko berharap, masyarakat bisa menahan diri terlebih dahulu untuk tidak keluar sementara waktu saja. Sampai keadaan benar-benar dinyatakan stabil oleh pemerintah.

“Jika tidak ada kepentingan, masyarakat agar tinggal dirumah, jaga jarak berinterkasi dengan teman dan selalu cuci tangan dengan sabun dan air yang mengalir. Semoga kita dijauhkan dari penularan covid 19,” ungkap Haby. (*)


Editor : Efendi Muhammad
Publisher : A. Zainullah FT


Baca Juga  Perkokoh Ketahanan Pangan, Kementan Gelontorkan Alsintan

Baca Juga

Januari-April, 3 Warga Kota Probolinggo Terjangkit Leptospirosis, 2 Meninggal Dunia

Probolinggo,- Penyakit leptospirosis masih menjadi penyakit yang perlu diwaspadai di Kota Probolinggo. Terhitung sejak Januari …