Efek Covid-19, Ponpes Genggong Tunda Imtihan

PAJARAKAN-PANTURA7.com, Kian merebaknya virus corona atau Covid’19, membuat Pesantren Zainul Hasan (PZH) Genggong, Pajarakan, Kabupaten Probolinggo, menunda pelaksanaan imtihan yang ke 88. Awalnya, imtihan, digelar pada Selasa-Rabu (7-8/4/2020) mendatang.

Penundaan Haflatul Imtihan berdasarkan surat Edaran Nomor: 06110/I.01-PZH/SE/III/2020, tentang penundaan pelaksanaan Haflatul Imtihan ke 88 Pondok Pesantren Zainul Hasan Genggong ditandatangani langsung oleh KH. Moh. Hasan Mutawakkil Alallah, Pengasuh sekaligus Ketua Yayasan Pesantren Zainul Hasan Genggong.

Penundaan ini dibenarkan oleh Sekretaris Yayasan Pesantren Zainul Hasan Genggong, Taufiq Hidayat. Menurutnya, berdasarkan SE tersebut bahwa Haflatul Ilmtihan ke-88 Pesantren Zainul Hasan Genggong tahun 1441 H, / 2020 M, ditunda sampai waktu yang belum ditentukan

“ Tentunya penundaan tersebut karena pengasuh menindaklanjuti perkembangan situasi akhir-akhir ini atas merebaknya virus corona. Sehingga demi kemaslahatan masyarakat umum, maka imtihan ditunda,” tuturnya, Senin, (23/03/2020).

Dengan merebaknya fenomena Covid-19, Taufiq sapaan karibnya menambahkan, segenap pengasuh Pesantren Zainul Hasan Genggong selalu mendoakan santri-santrinya, alumni dan masyarakat umum agar dijauhkan dari penyakit mematikan tersebut dan musibah lainnya.

“Yang paling penting senantiasa diberikan kesehatan oleh Allah Subhanahu Wata’ala dan Syafaat Nabi Muhammad Shallallahu alaihi Wasallam dan barokah para muassis Pesantren Zainul Hasan Genggong,” tutupnya.

Tak hanya Pesanrtren Genggong, penundaan imtihan juga dilakukan oleh salah satu pesantren lainnya, yakni Pondok Pesantren Nurul Jadid Paiton, beberapa hari yang lalu. Penundaan itu untuk mencegah penularan virus corona yang saat ini kian masif penyebarannya. (*)


Editor : Efendi Muhammad
Publisher : A. Zainullah FT


Baca Juga  Dilantik KH Mutawakkil, PCNU Kota Probolinggo Diminta Perangi Hoax

Baca Juga

Tenang! Pasokan Listrik Jawa Madura hingga Bali Aman Jelang Idul Fitri

Probolinggo,- PT PLN (Persero) terus berupaya menjaga keandalan listrik selama libur Idul Fitri 1445 Hijriah. …