Binter, Cara Warga dan Babinsa Membangun Desa

KURIPAN-PANTURA7.com, Kegiatan Pembinaan Teritorial (Binter) terus dilakukan para Babinsa di wilayah Kodim 0820/Probolinggo. Kegiatan pembinaan teritorial yang dilakukan berupa karya bakti di wilayah binaan masing-masing.

Pembinaan teritorial tersebut sesuai dengan Peraturan Kepala Staf TNI AD yang mewajibkan seorang Bintara Pembina Desa berkewajiban untuk melaksanakan pembinaan teritorial sesuai petunjuk atasannya, yaitu komandan Komando Rayon Militer. Selain itu, karya bakti pun bertujuan membangun sinergitas dengan masyarakat/warga binaanya.

Hal tersebut seperti yang dilakukan oleh Kopka Wahyudi Babinsa Koramil 0820/10 Kuripan. Babinsa tersebut melaksanakan kegiatan Binter berupa Karya Bhakti perbaikan jalan tembus berbatu (jalan makadam) Panjang 800 meter dan lebar 2,5 meter di Dusun Braholo RT 10 RW 06 Desa Kedawung Kecamatan Kuripan, Senin, (16/3/2020)

Kegiatan karya bhakti tersebut merupakan salah satu tugas pokok Babinsa untuk membantu meringankan beban kehidupan masyarakat dalam mengatasi kesulitan serta meningkatkan kerja sama antara masyarakat dan Babinsa di wilayah binaan.

Dengan karya bhakti diharapkan sinergitas TNI dan masyarakat di tingkat bawah. Selain itu, karya bhakti tersebut pun memberikan manfaat positif bagi masyarakat.

Iis indarsih saat dikonfirmasi,memberikan apresiasi dan ucapan terimakasih kepada Bapak Babinsa Koramil 0820/10 Kuripan yang telah membantu masyarakat memperbaiki jalan dan membantu mengurangi beban hidup warga binaanya.semoga dengan kegiatan ini dapat memberikan manfaat yang positif untuk kehidupan warga masyarakat setempat, ungkapnya.

Sementara itu Kapten Inf Subei Sugino Danramil 0820/10 Kuripan menyatakan ,tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) TNI, tidak hanya perang, tetapi juga memiliki tugas lain yakni, pembinaan teritorial dan didalamnya melaksanakan karya bhakti.

“Tidak mudah mengemban tugas sebagai seorang Babinsa, karena selain melakukan pertahanan wilayah. Babinsa juga harus siap menjalankan tugas pokok lainnya guna membantu masyarakat,’’ ungkapnya.

Baca Juga  Unik! Kudapan di Winongan Serba Merah-putih

Ia menjelaskan, masyarakat pun diharapkan memberikan dukungan terhadap kegiatan-kegiatan pembinaan teritorial yang dilaksanakan Babinsa di tingkat desa atau kelurahan. “Kegiatan tersebut akan membawa dampak positif bagi masyarakat,” papar dia (*)


Editor : Efendi Muhammad
Publisher : Rizal Wahyudi


Baca Juga

Lebaran, Tempat Penitipan Kucing di Kota Probolinggo Sesak

Probolinggo,- Jasa penitipan kucing saat lebaran ramai dibanjiri pelanggan yang menitipkan kucing miliknya, tak terkecuali …