600 Pekerja Rawan Kecelakaan, Simulasi Kondisi Darurat Digelar

PAITON-PANTURA7.com, Kepanikan terjadi di area Transfer House (TH) 5 Perusahaan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Paiton, Kabupaten Probolinggo, Senin (3/2/2020). Asap pekat dan kobaran api tetiba terlihat di TH 5, bahkan 4 orang karyawan jatuh pingsan.

Pantauan PANTURA7.com, kebakaran terjadi sekitar pukul 10.30 Wib. Si jago merah berkobar di TH 5 yang merupakan peralatan utama untuk memasok batu bara sebagai bahan dasar pembangkit listrik.

Tak berselang lama, sirine tanda ada bahaya berbunyi keras, yang diikuti kedatangn 2 unit mobil pemadam kebakaran (Damkar). Selain tim damkar, juga datang dengan cekatan tim rescue dan sejumlah tenaga medis.

Tak sampai 5 menit, api yang awalnya membubung akhirnya berhasil dikendalikan. Tak hanya ke sumber api, tim damkar juga melakukan pembasahan di sekitar titik api pertama kali muncul.

Begitu api padam, tim rescue bergerak mengevakuasi 4 karyawan yang menjadi korban kebakaran. Setelah mendapatkan pertolongan pertama, para karyawan malang itu dilarikan ke rumah sakit menggunakan ambulance yang telah disediakan.

Tim damkar melakukan pembasahan di sekitar lokasi kebakaran. (Foto : istimewa)

Musibah kebakaran tersebut bukan kejadian sebenarnya, melainkan sekedar simulasi. Aksi simulasi digelar sebagai bentuk kesiapsiagaan manakala ada peristiwa tak diinginkan terjadi di objek vital nasional tersebut.

“Kebakaran ini merupakan simulasi, bentuk emergency respon dari kami. Tetapi, simulasi ini tidak kami inginkan hadapi benar. Ini sebagai kesiapan kami di PLTU ketika menghadapi situasi yang tidak diinginkan,” kata Mustofa Abdillah, general manager PT PJB UP Paiton di lokasi.

Mustofa menambahkan, PLTU Paiton merupakan area yang berpotensi terjadi kecelakaan tinggi. Oleh karenanya, mitigasi terus dilakukn untuk melakukan pencegahan terhadap kejadian yang tidak diinginkan.

“Resiko kecelakaan kerja disini sangat tinggi. Kami memiliki karyawan sebanyak 274 untuk PJB, jika ditotal semuanya ada sebanyak 600-an orang yang setiap hari bekerja,” Mustofa menjelaskan. (*)

Baca Juga  Hutan di Perbatasan Probolinggo-Situbondo Terbakar


Editor : Efendi Muhammad
Publiher : A. Zainullah FT


Baca Juga

Olah TKP Laka, Polisi Sebut Moge yang Dikendarai Korban Bodong

Probolinggo,- Kecelakan maut yang melibatkan tiga kendaraan dan mengakibatkan pasutri pengendara moge tewas, di jalur …