Susul Cabai Rawit, Harga Tomat Terangkat

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Naiknya sejumlah komoditas pertanian di pasar ditengarai karena stok berkurang akibat musim hujan. Selain cabai rawit yang beberapa hari terus naik, harga tomat juga kian merangsek.

Informasi yang dihimpun PANTURA7.com, harga cabai rawit di Pasar Baru Kota Probolinggo menembus angka Rp65.000/kilogram. Sementara di tingkat petani harga jual Rp 59.000/kilogram, itupun stok juga tak terlalu banyak.

Sementara, harga tomat juga mulai terangkat. Jika biasanya Rp5.000/kilogram, berangsur-angsur naik menjadi Rp7.000/kilogram dan kini sampai Rp12.000/kilogram.

“Stok beberapa sayur memang tak begitu banyak jika musim hujan begini. Seperti cabai rawit dan tomat, keduanya tidak bisa terlalu lama kena air karena gampang rusak atau busuk,” kata Kepala UPT Pasar Kota Prbolinggo, M. Arif Billah, Selasa (21/1).

Sehingga, dengan stok yang berkurang tersebut, membuat harganya merambat naik. Kondisi tersebut dibenarjan petani tomat, Hasan Basri (46). Ia mengatakan, stok cabai tak banyak tetapi yang menanam banyak.

“Meski harga naik, stok yang ada juga berkurang. Padahal yang menanam juga banyak. Banyak faktor termasuk musim hujan begini. Apalagi tomat kalau musim hujan begini,” ucap warga Desa Pagalangan Kidul, Kecamatan Maron.

Salah satu pembeli di Pasar Baru, Ulfiah (33) mengaku, kaget dengan naiknya cabai dan tomat. Ia yang hendak memasak untuk kebutuhan terpaksa mengurangi takaran yang ia beli. Jika biasa membeli cabai atau tomat 1 kilogram, ia kurangi menjadi setengah kilogram.

“Harga cabai naik tomat naik, tapi bagaimana lagi namanya kebutuhan. Apalagi sebentar lagi Tahun Baru Imlek,” katanya. Ia pun berharap harga sayur bisa stabil lagi. (*)


Editor: Ikhsan Mahmudi
Publisher: Rizal Wahyudi


Baca Juga  Hindari Kekeliruan, KPU Simulasi Pencoblosan

Baca Juga

May Day 2024, K-Sarbumusi Kabupaten Probolinggo Perkuat Identitas Serikat Buruh

Probolinggo,- Peringati Hari Buruh Internasional (May Day), Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Konfederasi Serikat Buruh Muslimin …