Waspada! 5 Kecamatan ini Rawan Longsor

SUKAPURA-PANTURA7.com, Musim hujan yang rawan dengan bencana alam, terus diwaspadai oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo. Tanah longsor menjadi prioritas perhatian karena banyak wilayah yang rawan terjadi tanah longsor.

Catatan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Probolinggo, setidaknya ada 5 Kecamatan rawan longsor. Kawasan itu meliputi Kecamatan Sumber, Sukapura, Lumbang, Tiris, dan Gading.

Kasi Kedaruratan BPBD Kabupaten Probolinggo Abdullah mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan muspika di 5 kecamatan terkait. Upaya evakuasi terhadap korban bencana dan kesiapsiagaan jadi bahan koordinasi.

“Musim hujan segala sesuatu kita antisipasi termasuk tanah longsor yang berpotensi terjadi. Tahun ini ada tiga laporan bencana tanah longsor yang sudah terjadi dan dievakuasi,” kata Abdullah, Minggu (19/1/2020).

Ia juga menyampaikan, selama musim hujan kali ini, di Kecamatan Sumber sudah ada 7 kejadian tanah longsor. Sementara di Kecamatan Sukapura, Lumbang, dan Tiris masing-masing 5 kejadian, serta Gading 2 dengan kejadian.

Akan tetapi, lanjutnya, daerah lain juga diwaspadai sebab bisa saja berpotensi terjadi longsor. Terutama, masyarakat yang tinggal di dekat tebing, bantaran sungai, dan lerenh hutan yang sudah gundul.

“Kawasan lainnya tetap perlu waspada tanah longsor. Sebenarnya bukan hanya longsor diwaspadai, tapi semua potensi bencana agar tidak ada korban jiwa,” tandasnya. (*)


Editor : Efendi Muhammad
Publisher : Rizal Wahyudi


Baca Juga  Jalan Gading-Kraksaan Kembali Rusak, PUPR Belum Perbaiki Permanen

Baca Juga

Atasi Sampah Overload, Pemkot Probolinggo Gandeng BRIN

Probolinggo,- Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Bestari menjadi tempat pengolahan sampah yang vital bagi Kota Probolinggo. …