Teler, Spesialis Maling Motor Diringkus

GADING-PANTURA7.com, Kepolisian Sektor (Polsek) Gading, Kabupaten Probolinggo meringkus Karim (32) warga Desa Renteng, Kecamatan Gading, Kabupaten Probolinggo. Ia diciduk akibat disangkakan sebagai pelaku pencurian kendaraan bermotor (Curanmor).

Karim diringkus pada Sabtu (7/12) sekitar pukul 22.00 WIB karena diduga mencuri motor nopol L-4021-DZ milik Samsul (29) seorang petani asal Desa Ranuwurung, Kecamatan Gading. Motor itu diembat saat korban membajak sawah di Desa Keben kecamatan setempat.

Kapolsek Gading, Iptu Bagus Purnama mengatakan, penangkapan terhadap Karim dilakukan saat ia tengah asyik-asyiknya meneguk minuman keras (miras). Lantaran dibawah pengaruh miras, tersangka tak berkutik saat dikeler petugas.

“Ketika itu motornya oleh korban ditinggal di lahan luas saat ia membajak sawah. Kemudian korban dikagetkan dengan suara kendaraannya. Melihat motornya dibawa lari, ia sempat mengejar,” kata Bagus, Selasa (10/12).

Pengejaran terhadap pelaku yang dilakukan korban bersama teman-temannya, lanjut Bagus, tidak membuahkan hasil karena korban kehilangan jejak pelaku. Korban lantas melaporkan kejadian itu ke pihak kepolisian.

“Karena kehilangan jejak, kemudian korban melapor. Dari laporan itu, kami melakukan olah tempat kejadian perkara dan mengumpulkan beberapa keterangan dari saksi mata,” ujar Bagus.

Usaha polisi tak sia-sia, sambung bagus, karena petugas berhasil mengindentifikasi identitas dan keberadaan pelaku. Dua pekan pasca kejadian, pihaknya menerima informasi bahwa pelaku berada di Desa Nogosaren.

“Kami langsung melacak keberadaan pelaku. Ia berhasil kami ringkus saat tengah pesta miras. Selanjutnya tersangka kami langsung bawa ke Polsek,” Bagus menjelaskan.

Saat diperiksa, menurut Bagus, pelaku mengakui ulahnya yang mencuri motor Samsul. Tidak hanya itu, pelaku juga pernah melakukan pencurian dua motor lain di sekitar Kota Kraksaan.

“Motif pencuriannya juga tidak jauh beda dengan pelaku pencurian lainnya. Pelaku merusak kunci motor korban menggunakan kunci T setelah itu motor dibawa kabur,” tutup Bagus. (*)

Baca Juga  Curi Motor di Depan Musala, Dua Terduga Pencuri Dibekuk


Editor : Efendi Muhammad
Publisher : A. Zainullah FT


Baca Juga

Nyaru Jadi Debt Collector, Tiga Maling Motor di Probolinggo Diringkus Polisi

Probolinggo,- Tiga pelaku pencurian kendaraan bermotor (curanmor) digulung Satuan Reserse dan Kriminal (Satreskrim) Polres Probolinggo. …