Besok, INZAH-STIH Genggong Wisuda 563 Mahasiswa

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Sebanyak 563 mahasiswa-mahasiswi Insitut Ilmu Ke-Islaman Zainul Hasan (INZAH) dan Sekolah Tinggi Ilmu Hukum (STIH) Zainul Hasan Genggong akan diwisuda, Kamis (14/11) besok.

Ratusan mahasiswa-mahasiswi tersebut akan dikukuhkan oleh Pengasuh Pesantren Zainul Hasan (PZH) Genggong KH. Moh Hasan Mutawakkil Allah di Gedung Islamic Centre Kota Kraksaan, mulai pukul 8.00 Wib. Calon wisudawan-wisudawati ini berasal dari 8 jurusan berbeda.

Diantaranya jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Pendidikan Bahasa Arab (PBA), Perbandingan Madzhab dan Hukum (PMH) yang berada dibawah naungan INZAH sebanyak 481 orang. Selain itu, masing-masing satu jurusan dari Program Profesi 1 Tahun (I-TECH) sejumlah 24 orang serta STIH Zainul Hasan sebanyak 58 orang.

“Alhamdulillah, jumlah mahasiswa yang akan diwisuda, khususnya di INZAH, semakin tahun semakin bertambah. Bisa-bisa tahun kedepannya, Gedung Islamic Center tidak akan muat menampung,” kelakar Rektor INZAH, Abdul Aziz Wahab, Rabu (13/11).

Rektor INZAH Genggong, Drs. Abdul Aziz Wahab, M.A.g saat ditemui di ruangannya. (Foto : Moh Ahsan Faradies).

Dalam wisuda ke 27 ini, Aziz berharap, nantinya para wisudawan – wisudawati dapat mengembangkan keilmuannya dengan cara banyak membaca. Dengan begitu, katanya, wawasan keilmuan dapat terus bertambah sehingga bisa diamalkan dengan optimal ditengah kehidupan bermasyarakat.

“Agar para alumni INZAH bisa menjadi penggerak keilmuan di masyarakat dan penggerak amaliyah pesantren. Amaliyah ke-NU-an yang kemudian menganut amaliyah majmu’ yang memiliki sifat kebangsaan. Ini harus menjadi identitas para alumni nantinya,” harapnya.

Aziz juga berpesan, mahasiswa – mahasiswi yang diwisuda dapat berpegang teguh kepada ulama salaf. Sebab menurutnya, barokahnya ilmu datang atas dua hal. Pertama gemar membaca dengan khidmad. “Kedua, ilmu bermanfaat karena mendapat ridho sang guru,” tuturnya.

Pria asal Pajarakan ini melanjutkan, kemajuan civitas akademika INZAH tidak hanya dilihat dari jumlah mahasiswa-mahasiswi yang akan diwisuda. Akan tetapi, jelasnya, juga terlihat dari jumlah jurusan yang semakin bertambah.

Baca Juga  Tantri Canangkan Kelas Rangkap di Madrasah

“Kini jurusan di INZAH sudah ada 15 fakultas. Pengembangan program studi, pengembangan kelembagaan kami lakukan, agar dapat memenuhi kebutuhan masyarakat dengan dibukanya beberapa jurusan di INZAH,” tutur pria yang juga Kepala Biro Pendidikan PZH Genggong ini. (*)


Editor : Efendi Muhammad
Publisher : A. Zainullah FT


Baca Juga

Arus Balik, Penumpang KA di Stasiun Bangil Melonjak 40 Persen

Pasuruan,- H+4 Lebaran, Stasiun Bangil di Kabupaten Pasuruan dipadati penumpang yang melakukan perjalanan mudik balik. …