Lurug Kantor Pemkot, OKP Gelar Aksi Hari Pahlawan

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Di Hari Pahlawan, sejumlah organisasi kepemudaan (OKP) turun aksi. Mereka melurug Kantor Walikota Probolinggo, meminta Pemkot Probolinggo meneladani sikap kepahlawanan.

Aksi pada Minggu (10/11) malam itu diikuti Pemuda Tridharma, Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI), GP Ansor, Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), Orang Muda Katolik, Gereja Kristen Jawi Wetan (GKJW), Gusdurian, Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU), Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) dan Regenerasi Nelayan (Regnel).

Aksi diawali long march dari Gereja Maria Bunda Karmel ke Kantor Walikota Probolinggo Jalan Raya Panglima Sudirman. Membawa bendera merah putih mereka meneriakkan orasi tentang Hari Pahlawan 10 November.

Mereka dikawal Polres Probolinggo Kota. Aksi pertama yakni pembacaan proklamasi yang kemudian diisi dengan puisi serta doa untuk pahlawan. Suasana khidmat terlihat saat lagu ‘Gugur Bunga’ dikumandangkan.

“Aksi ini merupakan refleksi bersama kita sebagai pemuda Kota Probolinggo menyambut Hari Pahlawan. Kita ingin semua masyarakat pada momentum kali ini meneladani sikap patriotisme pahlawan,” tegas Perwakilan Pemuda Tridharma, Ervan Sutjianto.

Pembacaan proklamasi di tengah-tengah aksi Hari Pahlawan di Depan Kantor Wali Kota Probolinggo. (Foto : Rahmad Soleh)

Sementara itu, Koordinator Gusdurian Probolinggo, Lukman Effendi memberikan pesan kepada Pemkot Probolinggo agar menerapkan jiwa kepahlawanan dalam setiap harinya.

“Kami berharap Pemkot Probolinggo menjiwai rasa kepahlawanan, rela berkorban dalam bertugas. Termasuk lebih mendekatkan diri dengan pemuda-pemuda Kota Probolinggo,” jelasnya.

Aksi tersebut juga disertai dengan stateman yang dibacakan yakni Menjaga stabilitas negara, menjaga kerukunan umat beragama, Mengamalkan nilai-nilai dan perjuangan para pahlawan, Menjunjung tinggi toleransi dan memperjuangkan nilai kemanusiaan.

Namun sayang tak ada satupun pejabat Pemkot Probolinggo termasuk walikota yang menerima aksi mereka. (*)


Editor: Ikhsan Mahmudi
Publisher: Rizal Wahyudi


Baca Juga  Dewan Minta Pemkot Probolinggo Salurkan Bansos selama PPKM Darurat Diberlakukan

Baca Juga

TPID Kota Probolinggo Buka Warung Sembako, Harga tak Menguras Kantong

Probolinggo,- Pemerintah Kota (Pemkot) Probolinggo melalui Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah dan Perdagangan (DKUMP), …