Kota Probolinggo Peroleh Penghargaan WTN Kesepuluh

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Pemerintah Kota Probolinggo kembaki peroleh Piala Wahana Tata Nugraha (WTN). Piala ini menjadi kado yang pertama dalam pemerintahan Wali Kota Hadi Zainal Abidin.

Penghargaan WTN diberikan karena pemerintah Kota Probolinggo dinilai telah melakukan tata kelola transportasi dengan sangat baik.

Bertempat di Jakarta Convention Center, Wali Kota Hadi menerima langsung piala WTN dari Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi, Minggu (15/9).

Penerimaan WTN sesuai dengan Keputusan Menteri Perhubungan RI Nomor KM 180 tahun 2019 tentang penetapan kota / kabupaten dan provinsi sebagai penerima penghargaan WTN tahun 2019

Penilaian WTN meliputi 5 bidang transportasi. Yakni manajemen keselamatan jalan; jalan yang berkeselamatan; kendaraan yang berkeselamatan; perilaku pengguna jalan yang berkeselamatan; penanganan pra dan pasca kecelakaan yang cepat dan tanggap.

Wali Kota Hadi menegaskan, penghargaan WTN akan menjadi suntikan motivasi bagi Pemerintah Kota Probolinggo dan seluruh warga kota agar lebih menyadari ketertiban berlalu lintas.

“Banyak hal yang harus kita perbaiki, karena ini berhubungan dengan budaya atau kebiasaan masyarakat. Karena sejatinya, WTN ini mendorong pemerintah daerah untuk lebih meningkatkan pelayanan kepada masyarakat di bidang transportasi,” ujar Hadi.

Ia menambahkan, selama ini sistem lalu lintas di Kota Probolinggo mulai membaik dimana angka kecelakaan lalu lintas menurun. Selain itu, angkutan kota yang tertib menjadi poin keberhasilan dalam membina tata kelola transportasi.

“Harapannya dengan Piala WTN Tanpa Catatan ini, bisa menginspirasi masyarakat untuk lebih disiplin dan tertib berlalu lintas dengan mengedepankan keselamatan bersama,” tandasnya.

Penghargaan WTN bagi Kota Probolinggo bukan tahun ini saja, melainkan sudah kali kesepuluh. Sejak 2008 sampai 2017 lalu, Kota Probolinggo berturut-turut raih WTN.

Pada tahun 2014, sempat meraih WTN Kencana. Lalu Tahun 2018 tidak ada WTN, sebab, kementerian memulai penilaian WTN dengan format baru kepada pemerintah daerah saat Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) tahun 2019. (*)

Baca Juga  Lurug Kantor Pemkot, OKP Gelar Aksi Hari Pahlawan

 

Penulis : Rahmad Soleh
Editor : Efendi Muhammad

Baca Juga

Pemkab Lumajang Susun Rehabilitasi dan Rekontruksi Pembangunan Pasca Bencana

Lumajang,- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang, terus berupaya mempercepat pemulihan pasca bencana banjir yang melanda sejumlah …