DIBUKA: Wali Kota Probolinggo dan Forkopimda membuka Semipro 2023 dengan menabuh rebana. (foto: Hafiz Rozani)

Parade Batik Khas Kota Probolinggo Semarakkan Pembukaan Semipro 2023 

Probolinggo,- Even yang ditunggu warga Kota Probolinggo yakni, Seminggu di Probolinggo (Semipro) tahun 2023 kembali digelar. Diharapkan, even ini mampu meningkatkan perekonomian masyarakat serta jadi ajang promo batik khas Kota Probolinggo.

Acara pembukaan Semipro 2023 yang digelar Sabtu malam (8/07/23), juga dihadiri Ketua Dekranasda Jawa Timur, Arumi Baschin; Wali Kota Pasuruan, Saifullah Yusuf; dan Sekretaris Daerah Kabupaten Probolinggo, Ugas Irwanto.

Mengawali acara, digelar seni drama tari Batik Spero. Dilanjutkan dengan fashion batik yang diperagakan sejumlah pelajar SMPN dan SMAN di Kota Probolinggo. Kemudian acara dilanjutkan dengan sambutan Wali Kota Probolinggo, Habib Hadi Zainal Abidin.

Semipro kembali digelar setelah pada 2020 hingga 2022 vakum lantaran pandemi Covid-19. Semipro 2023 ini bertepatan dengan libur sekolah sehingga para pelajar tidak usah keluar kota untuk berlibur.

“Even Semipro yang digelar selama seminggu ini mewadahi beragam hiburan, kuliner, hingga produk UMKM unggulan khas Pendalungan, Tionghoa, hingga Arab. Sehingga masyarakat hingga pelajar bisa datang ke even ini,” ujarnya.

Dalam pembukaan Semipro 2023, juga ditampilkan baju batik khas Kota Probolinggo karya desainer Lia Afif. Nantinya baju batik khas Kota Probolinggo ini akan tampil pada Jakarta Fashion and Food Festival (JF3) 2023, Sabtu (22/07/23) mendatang.

CINDERAMATA: Ketua Dekranasda Kota Probolinggo menyerahkan batik khas Kota Probolinggo kepada Ketua Dekranasda Jawa Timur. (foto: Hafiz Rozani)

Dengan tampilnya batik khas Kota Probolinggo ini, ke depan batik Kota Probolinggo yang memiliki 150 motif ini dapat lebih dikenal serta dapat dikenal secara nasional.

“Semoga even selama seminggu ke depan ini dapat berjalan lancar, serta dapat meningkatkan perekonomian masyarakat Kota Probolinggo,” harap Wali Kota.

Selanjutnya Wali Kota Probolinggo beserta forkopimda dan sejumlah tamu undangan menabuh rebana di atas panggung yang menandai acara Semipro 2023 ini resmi dibuka. Kemudian walikota dan forkopimda tampil dalam parade batik di atas panggung.

Baca Juga  Siswa SD-SMP di Kota Probolinggo Awali PTM

Sementara itu, Ketua Dekranasda Jawa Timur, Arumi Bachsin dalam sambutannya mengaku, kagum dengan even Semipro yang digelar bertepatan dengan libur sekolah. Sehingga para pelajar yang libur mendapat hiburan dan tidak perlu keluar kota.

“Saya berharap Semipro 2023 ini digelar sukses, serta masyarakat terus mendukung dan menikmati acara ini. Terlebih, dengan akan tampilnya batik khas Kota Probolinggo di ajang JFFF di Jakarta, semoga batik Kota Probolinggo lebih dikenal lagi,” ujarnya.

Pembukaan Semipro 2023 ini juga dimeriahkan dengan dengan penampilan Ketua Dekranasda Jawa Timur bersama Ketua Dekranasda Kota Probolinggo, Kabupaten Probolinggo, serta sejumlah ketua Dekranasda undangan tampil di atas panggung dengan mengenakan batik khas Kota Probolinggo.

Tak hanya itu baju batik kreasi Lia Afif yang nantinya akan tampil di even JFFF Jakarta. Seluruh kepala OPD di lingkungan Pemkot Probolinggo bersama istri masing-masing juga tampil memeriahkan parade batik mengenakan baju batik di atas panggung.

Pada event Semipro 2023 tersebut juga digelar lomba desain batik yang diikuti sejumlah desainer pelajar hingga desainer umum asal Kota Probolinggo. (Adv)

 

Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga

Dinilai Langgar Perda, Pemkot Pasuruan Tertibkan PKL di Jl. Sultan Agung dan Pelabuhan

Pasuruan,- Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Pasuruan, melakukan penertiban terhadap gerobak pedagang kaki …