Pedagang Pasar Buah Semampir Kini Wajib Bayar Retribusi

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Probolinggo, resmi menarik retribusi dari para pedagang pasar buah Semampir, Kecamatan Kraksaan.

Penarikan dilakukan setelah dinas beberapa kali melakukan pertemuan dengan pedagang yang ada di pasar buah. Dari pertemuan itu, akhirnya disepakati soal retribusi yang besarannya sekitar Rp 73 ribu rupiah per bulan.

Kepala Disperindag Kabupaten Probolinggo Mahbub Zunaidi mengatakan, penarikan retribusi akan dimulai bulan ini. Dengan demikian, jelas Mahbub, pedagang tidak lagi menempati lapak yang disediakan tersebut secara gratis.

“Agustus ini sudah kita tarik retribusi. Jadi tidak gratis lagi, kalau sebelumnya mereka menempati lapak secara gratis,” kata Mahbub saat dikonfirmasi, Sabtu (31/8).

Penarikan retribusi itu menurut Mahbub bukan tanpa alasan melainkan sudah dipertimbangkan matang. Uang retibusi yang terkumpul, klaim Mahbub, nantinya akan digunakan untuk biaya menanggulangi kerusakan atau pemeliharaan pasar ketika di kemudian hari terdapat kerusakan.

“Tujuannya hanya untuk perbaikan dan perawatan pasar jika nanti ada kerusakan atau kendala lain yang berkaitan dengan pasar,” ujar Mahbub.

Sebelumnya, lanjut Mahbub, pihaknya memang kebingungan untuk menarik retribusi di Pasar Semampir. Hal tersebut lantaran ada gonjang-ganjing bahwa lapak pasar buah menempati lahan diluar aset Pemkab Probolinggo.

“Karena itu kami kroscek kebagian aset. Tujuannya, untuk mengetahui kepemilikan tanah di pasar buah. Ternyata tanahnya aset Pemkab. Maka dari itu, kami berhak untuk menarik retribusi,” ucap dia.

Karena berdasarkan atas kesepakatan bersama antara pedagang dan dinas lanjut Mahbub, retribusi pasar akan berlaku permanen. “Kalau sudah runding dengan pedagang, maka retribusi berlaku seterusnya. Jadi bagi pedagang yang menempati lapak, sekarang harus membayar retribusi,” tutup Mahbub. (*)

 

Penulis : Moh Ahsan Faradies

Baca Juga  Lewat Program Padat Karya, Pulihkan Pertumbuhan Ekonomi Masyarakat Penyintas Semeru

Editor : Efendi Muhammad

Baca Juga

Banyak Kendaraan ‘Overload’ Melintas, Pj Bupati Probolinggo Sidak Portal Pembatas Tonase

Probolinggo,- Pj Bupati Probolinggo, Ugas Irwanto, Selasa siang (7/5/24) melakukan sidak di dua lokasi portal …