Wali Kota Probolinggo Wacanakan Bangun Sirkuit Khusus

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Kejuaraan Provinsi Balap Motor, Wali Kota Cup Race putaran ke-5 di Kota Probolinggo digelar, Minggu (21/7). Wali Kota Hadi Zainal Abidin yang melepas start, berwacana mengembangkan sirkuit untuk pengembangan bibit pembalap.

Bahkan Habib Hadi, panggilan akrab Wali Kota Hadi Zainal Abidin, sempat menjajal sirkuit menggunakan Honda CBR 250 CC. Bedanya jika pembalap menggunakan baju pembalap, wali kota mengenakan berbaju batik hijau.

“Motornya kurang gede untuk badan saya. Tahu begini, saya bawa motor sendiri yang lebih gede,” kata Habib Hadi. Pengasuh Pesantren Riyadlus Sholihin, Kota Probolinggo itu menggandrungi balap motor sejak masih muda (remaja).

Walikota Probolinggo, Hadi Zainal Abidin (mengenakan pakaian hijau) saat menjajal motor balap. (Foto : Rahmad Soleh).

Melihat antusiasme warga termasuk pembalap dari berbagai kota, Habib Hadi mengatakan, Pemkot Probolinggo akan membangun sirkuit khusus balap motor. Tujuannya untuk menampung dan mengembangkan para pembalap muda.

“Setiao event Road Race antusiasme masyarakat termasuk pembalap cukup tinggi. Sehingga perlu untuk memberikan fasilitas sirkuit permanen,” ujarnya.

Namun untuk merealisasikan wacana itu, perlu kajian dulu baik lahan dan anggarannya. Termasuk masih akan melakukan koordinasi dengan Ikatan Motor Indonesia (IMI).

Kejurprov Road Race kali ini diikuti 323 pembalap. Terdiri dari 25 kelas dewasa, juga diikuti anak -anak di kelas mini GP dengan lintasan sepanjang 900 meter.

Salah satu pembalap cilik, Ifana Ana Nadira (10), asal Desa Karanganom, Kecamatan Pasrujambe, Kabupaten Lumajang ini punya segudang pengalaman dan sederet prestasi dari dunia balap motor.

Ia mengaku menekui hobi balap motor sejak kelas 1 SD. Mengikuti jejak kakak sepupunya, ia kemudian lebih menekuni dunia balap.

“Saya suka balap motor sejak kecil. Selain ingin juara, saya sangat ingin seperti Valentino Rossi,” ucapnya. (*)

 

Baca Juga  Hebat! 6 Pesilat UNUJA Borong Juara Banyuwangi Championship 2

Penulis : Rahmad Soleh
Editor : Ikhsan Mahmudi

Baca Juga

Persipro 1954 Dijatuhi Sanksi, Askot PSSI Kota Probolinggo Kecewa Berat

Proboinggo,- Setelah mendapat sanksi berupa diskualifikasi serta denda, pemain Persipro 1954 akhirnya pulang ke Probolinggo. …