Frozen Meluas, Bromo Makin Dibanjiri Wisatawan 

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Dinginnya suhu di Gunung Bromo justru mendatangkan berkah. Betapa tidak, wisata gunung berketinggian 2.329 mdpl itu malah dibanjiri wisatawan pada akhir pekan, Sabtu (29/6).

Pagi hari cuaca dingin di Bromo tepatnya di Lautan Pasir (kaldera) bisa mencapai minus 4 derajat Celcius. Kondisi ini yang kemudian membuat embun beku (frozen dew) atau warga setempat menyebut bun upas. Bahkan kondisi frozen itu semakin meluas.

Embun es Bromo mulai muncul sekitar pukul 04.00 hingga 07.00 WIB. Namun embun es ini kemudian mencair setelah terpapar sinar matahari.

Kondisi ini sudah terjadi beberapa hari yang lalu. Bahkan dengan keadaan ini mengundang rasa penasaran para wisatawan yang tak hanya wisatawan domestik (wisdom) namun wisatawan mancanegara (wisman).

Salah satunya Rania Prameswari (29), dari Surabaya. Ia sengaja datang ke Bromo untuk menikmati lautan pasir yang bertabur frozen. Bersama rombongannya, ia tak melewatkan mengabadikan momen dengan kamera ponselnya.

“Dinginnya itu sebenarnya bikin ragu, tetapi adanya butiran es kayak salju yang bikin kita nekat. Saya lihat di sosmed itu kok bagus akhirnya kita berangkat ke Bromo,” ucap wanita yang berprofesi sebagai tenaga kesahatan ini.

Kendati dingin ia pun memakai peralatan seperti baju tebal disertai jaket dan syal. Pasalnya dengan suhu sedingin itu bisa saja terjadi hipotermia dimana suhu tubuh tidak kuat atas hawa dingin.

Lautan pasir yang ditaburi frozen diprediksi oleh Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) bakal meningkatkan jumlah wisatawan. Per hari wisatawan lokal bisa sampai 1.000 orang. Sementara wisatawan asing sekitar  40-50 orang per hari. (*)

 

Penulis : Rahmad Soleh
Editor : Ikhsan Mahmudi

Baca Juga  Listrik Sering Mati, Warga Tiris-Krucil Mengeluh

Baca Juga

Rawat Kelestarian Alam, Pj Bupati Lumajang Kampanyekan Tandur Bareng

Lumajang,- Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Hartutik, bersama Pj Bupati Lumajang, Indah Wahyuni, melakukan tandur …