Harga Ayam Anjlok di Peternak, Tak Berdampak di Kota Probolinggo

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Jeritan peternak ayam broiler atas anjloknya harga ayam sepertinya masih berlanjut. Pasalnya anjloknya harga tersebut dinilai  Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan tidak terlalu berdampak di Kota Probolinggo.

Pantauan PANTURA7.com, harga ayam broiler di tingkat peternak hingga kini Rp 10 ribu per kg. Normalnya, sekitar Rp 17 ribu per kg.

Hal itu disampaikan Kabid Kabid Produksi Pengolahan dan Pemasaran hasil Peternakan, Suryanto saat dikonfirmasi awak media, Kamis (27/6). Ia menilai, anjloknya harga ayam di tingkat peternak tidak berdampak di Kota Probolinggo.

“Tidak terlalu berdampak seperti di kota-kota lainnya. Karena jumlah peternak mandiri di Kota Probolinggo tidak terlalu banyak. Hanya dua sampai tiga peternak,” ucap Suryanto.

Dikatakan peternak tidak langsung beternak lagi pasca panen. Mereka membiarkan kandangnya kosong minimal dua minggu.

Hal yang sama diungkapkan Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro Perdagangan dan Perindustrian (DKUPP), Gatot Wahyudi. Pihaknya mengetahui turunnya harga ayam di tingkat peternak.

“Saya juga dapat info ini, tapi itu ranahnya Dinas Pertanian. Namun untuk harga daging ayam terbilang turun tapi sedikit di bawah Harga Eceran Tertinggi (HET),” jelas Gatot.

Namun terhadap persoalan anjloknya harga ayam di tingkat peternak tak dialami Kota Probolinggo saja. Sehingga pihaknya juga menanti instruksi lebih lanjut.

“Kami akan koordinasi dengan Dinas Pertanian, namun masih belum tahu kapan. Yang jelas kami berharap yang terbaik,” tandasnya.

“Setelah panen, tidak langsung mendatangkan bibit ayam. Tetapi dibiarkan di kandangnya minimal dua minggu. Setelah itu, mereka ternak lagi. Mungkin karena harga anjlok, mereka tak beternak lagi, nunggu harga normal,” tandasnya.

Di pasar harga daging ayam berangsur turun menjadi Rp 23 ribu sampai Rp24 ribu per kg. Sedangkan harga normalnya sebelum lebaran, Rp 29 ribu hingga Rp 32 ribu per kg.

Baca Juga  Relokasi Penyintas Semeru Tahap 9, 175 KK Terima Kunci Huntap-Huntara 

Seperti yang dikatakan Jumainah (40) konsumen daging ayam, ia sedikit bersyukur karena daging ayam turun.

“Ya agak senang sih turun harganya, soalnya sebelum lebaran naik,” kata warga Kelurahan Jrebeng Kulon, Kecamatan Kedopok ini. (*)

 

Penulis : Rahmad Soleh
Editor : Ikhsan Mahmudi

Baca Juga

Tambah 54 PJU Baru, Dishub Kota Probolinggo Alokasikan Anggaran Rp860 Juta

Probolinggo,- Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Probolinggo akan menambah puluhan Penerangan Jalan Umum (PJU) di sejumlah …