Tak Sedap Dipandang, ‘Jamban Helikopter’ Mulai Dibongkar

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Masih adanya beberapa ‘jamban helikopter’ alias jamban di atas sungai yang tak sedap dipandang, rupanya membuat Pemkot Probolinggo risih. Secara bertahap jamban-jamban tersebut bakal dibongkar.

Hal itu disampaikan Wakil Walikota Probolinggo M. Soufis Subri saat membongkar ‘jamban helikopter’ di lingkungan RT 04 RW 01, Kelurahan Pilang, Kecamatan Kademangan, Jumat (28/6/2019).

Di lngkungan tersebut masih tersisa sebuah ‘jamban helikopter’. Bersama jajaran Forkopimda, akhirnya jamban tersebut dibongkar.

“Jadi ini upaya kami dalam menciptakan Kota Probolinggo yang lebih baik dari sisi kesehatan dan lingkungan. dengan membongkar jamban yang tak pantas ini,” ucap Wawali yang juga hadir pada acara ‘Nyangkruk Bareng Petinggi Kota’ tentang air minum dan sanitasi layak.

Subri mengajak masyarakat agar sama-sama menjaga lingkungan termasuk bila ada ‘jamban helikopter’. Pasalnya ada jamban yang lebih sehat yakni Ipal komunal yang berada tak jauh dari lokasi ‘jamban helikopter’ di Pilang.

Sementara itu warga setempat, Soenarto (46) mengakui ‘jamban helikopter’ yang berada di dekat rumahnya merupakan warisan lama. Pasalnya rumah yang berada persis di sisi sungai sudah ada sejak dulu.

“Ya sebenarnya itu warisan dari dulu. Cuma karena ada itu jadi ya pakai itu. Tapi karena sudah dibongkar kita biasakan di Ipal komunal itu meski pelan-pelan karena terbiasa dengan jamban di sungai itu,” ucapnya. (*)

 

Penulis : Rahmad Soleh
Editor : Ikhsan Mahmudi

Baca Juga  Tak Diangkut, Sampah di TPS Kebonagung Kraksaan Berserakan

Baca Juga

Rawat Kelestarian Alam, Pj Bupati Lumajang Kampanyekan Tandur Bareng

Lumajang,- Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Hartutik, bersama Pj Bupati Lumajang, Indah Wahyuni, melakukan tandur …