Di Pintu Langit, Ribuan Warga Sholawatan Bersama Habib Syech

PASURUAN-PANTURA7.com, Pemandangan berbeda tersaji di area wisata halal, Ngopibareng di Pintu Langit, Desa Ledug, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan, Minggu (23/6/2019) malam. Diatas ketinggian 800 diatsas permukaan laut, ribuan orang bershalawat bersama.

Shalawatan sekaligus halal bi halal ini kian gemuruh berkat kehadiran Habib Syech Abdul Qodir Assegaf. Meski diterpa cuaca dingin yang menusuk tulang, shalatawan tetap berlangsung khidmat.

“Saya bangga bisa disini, khususnya di wisata halal karena Tretes ini dulunya tempat orang yang tidak waras, tapi sekarang berubah sejak ada wisata halal,” terang Habib Syech.

Lebih jauh, Habib Syech meyebut Kabupaten Pasuruan sebagai kawasan yang mempunyai panorama alam cukup indah. “Pasuruan memiliki kawasan wisata Bromo dan Tretes yang saat ini sudah berdiri wisata halal,” paparnya.

Habib Syech Abdul Qodir Assegaf saat memimpin shalawatan di wisata halal Pintu Langit Prigen. (Foto : Moh. Rochim).

Dalam shalawatan ini, selain Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf dan Wakil Bupati Pasuruan Mujib Imron, juga hadir Ketua Pengurus Besar Nadhlatul Ulama (PBNU) Saifullah Yusuf yang sekaligus menjadi tuan rumah acara.

“Alhamdulillah kita bisa kembali bersilaturahmi bersama, berhalal bi halal. Sangat istimewa dengan kehadiran Habib Syech,” ujar pria yang akrab disebut Gus Ipul ini

Menurut Gus Ipul, halal bi halal kali ini sengaja digelar di Pintu Langit Prigen karena sangat cocok dengan konsep lokasi wisata halal yang sedang dirintis bersama warga setempat.

“Wisata halal ini berarti bahan bakunya halal, prosesnya halal dan produknya juga halal. Penginapan di sini juga harus menunjukkan surat nikah atau KTP sama dalam satu kawasan,” jelasnya.

Meski berkonsep halal, namun Gus Ipul memastikan bahwa non muslim tetap bisa masuk dan dilayani di dalam tempat wisata halal pertama di Kabupaten Pasuruan ini.

“Di miniatur masjid Nabawi yang akan dibangun di kawasan ini, nanti pengunjung non muslim tetap bisa masuk dan disediakan kerudung yang bisa digunakan,” jelas mantan Wakil Gubernur Jawa Timur ini.

Baca Juga  Bersama Menteri Susi, 12 Ribu Santri Makan Ikan Bersama

Sekedar informasi, kawasan wisata ini dilengkapi aneka wahana permainan seperti kincir ria atau dermolen, ombak banyu, becak terbang, water boom, camping ground, dan joging track. Di lokasi ini, pengunjung juga bisa melihat Kota Surabaya, Sidoarjo, Malang dan Pasuruan sekaligus. (*)

 

Penulis : Mohamad Rochim
Editor : Efendi Muhammad

Baca Juga

Liburan Usai, Dua Destinasi Banyubiru di Pasuruan Masih Membludak

Pasuruan,- Ribuan wisatawan memadati dua objek wisata di Desa Sumberejo, Kecamatan Winongan, Kabupaten Pasuruan pada …