Anggota DPRD Keluhkan Uang Perdin Terlambat

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Biasanya warga mengeluhkan masalahnya kepada wakil rakyat (DPRD) tetapi kali ini DPRD yang mengeluhkan masalahnya kepada wartawan. Sejumlah anggota DPRD Kota Probolinggo mengeluhkan, uang perjalanan dinas yang terlambat dicairkan.

Hal itu disampaikan salah satu anggota DPRD dari Fraksi Golkar, Rano Cahyono kepada awak media, Kamis (9/5/2019) pagi. Dikatakan biasanya usai perjalanan dinas berselang  sehari sampai dua hari seusai perdin langsung cair.

“Uang perjalanan dinas belum cair. Biasanya tidak selama ini terlambatnya, ibarat petani harusnya segera terbayarkan ketika selesai bekerja. Perjalanan dinas ke Jogja kemarin kuitansi sudah ditandatangani tetapi belum cair,” ucap Rano yang juga anggota Komisi 2 ini.  Nominal uang perdin yang seharusnya diterima Rp 7 juta.

Hal ini dibenarkan Ketua DPRD Agus Rudianto Ghofur.  “Seharusnya uang tersebut diterima oleh anggota dewan tidak terlalu lama. Namun kenyataan saat ini uang perdin mengalami kemunduran pencairannya,” katanya.

Berkaitan dengan keterlambatan pencairan perdin saat ini, harus menjadi catatan tersendiri bagi pihak eksekutif. “Kami akan lakukan evaluasi pihak terkait soal lambatnya uang perdin yang terjadi saat ini,” ungkapnya.

Terpisah, Sekretaris DPRD Kota Probolinggo, Warsito membenarkan, adanya keterlambatan pemberian uang perjalanan dinas untuk anggota dewan.

“Memang terlambat dibandingkan dengan waktu kunker sebelumnya, namun kami sudah mengajukan pencairan itu ke Dinas Pengelola Keuangan Daerah,” ucapnya.

Warsito juga menjelaskan, dengan adanya keterlambatan tersebut pihaknya tidak memberikan jawaban pasti, namun dia hanya menyebutkan masih dalam proses pencairan.

“Kami juga sudah menghubungi pihak perbankan yang menjadi mitra Pemkot juga. Namun belum ada kepastian kapan uang itu bisa dicairkan,” ujarnya.

Warsito mengakui, sistem pembayaran non tunai menjadi salah satu faktor keterlambatan. Dengan adanya permasalahan lambatnya pencairan uang perdin dewan, Warsito akan mengelar pertemuan dengan pihak terkait termasuk dengan dewan.

Baca Juga  Takut Kera, Warga Larang Anaknya Bermain di Luar Rumah 

“Insyaallah besok malam, salah satunya membicarakan soal keterlambatan pencairan uang perdin dewan,” tandasnya.  (*)

 

 

Penulis: Rahmad Soleh

Editor: Ikhsan Mahmudi

Baca Juga

Pemkab Lumajang Sibuk Stabilkan Harga Pangan, Kekeringan Terabaikan

Lumajang,- Pemerintah Kabupaten (Pemkab Lumajang) tengah gigih menjaga stabilitas harga beras di pasaran. Meski demikian, …