Stok Menipis, Harga Bawang Putih Melonjak 

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Harga bawang putih di pasar tradisional Kota Probolinggo mrlonjak. Lonjakan harga ini dikeluhkan pedagang dan pembeli akibat minimnya stok bawang putih.

Pantauan harga ini didapat PANTURA7.com pada Sabtu (20/5)4/2019). Di Pasar Baru harga bawang putih per kilogram mencapai 45 ribu rupiah.

Kenaikan ini terjadi sudah sejak sebulan lalu. Salah satu pedagang bawang putih, Aminah (38) asal Desa Bayeman, Kecamatan Tongas menuturkan, akibat naiknya harga bawang putih penjualannya merosot.

“Naik terus harga bawang putih sampai 45 ribu per kilogram. Saya sendiri tidak tahu apa penyebabnya. Jadinya pembeli juga sedikit,” ucap Aminah.

Jika biasanya sampai siang bawangnya bisa laku empat kilogram, sementara ini masih satu kilogram. Karena pembeli membeli dalam bentuk eceran seperti 1/4 kilogram.

Hal senada dialami Syueb (51), pedagang bawang putih di Pasar Baru.  Karena harga bawang putih naik, ia mengurangi stok kulak yang biasa ia ambil dari Surabaya.

“Saya kan biasa kulak dari Surabaya, katanya stok menipis. Sehingga saya juga mengurangi kulakan dari biasanya 25 kilogram menjadi 10 kilogram,” ucap warga asal Kebonsari Kulon ini.

Ia pun berharap, agar bawang putih harganya bisa stabil. Sehingga penjualannya juga lancar. (*)

 

 

Penulis: Rahmad Soleh

Editor: Ikhsan Mahmudi

Baca Juga  Sambut Musim Mudik, Petugas Gelar Uji Kelayakan Sopir dan Armada Bus

Baca Juga

Berkah Ramadan, Penjualan Bandeng Jelak di Pasuruan Meroket

Pasuruan,- Bulan Ramadan menjadi berkah tersendiri bagi para penjual olahan bandeng jelak di Kelurahan Blandongan, …